Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Di SDN 03 Klegen Kota Madiun

Pipin Dwi Saputri, Vivi Rulviana, Agnes Sudjarnuwarini

Abstract


BerdasarkanhasilpenelitianterkaitupayapeningkatanhasilbelajarmatematikakelasVyangtelahdilakukanpenelitidiSDN03KlegenKotaMadiun,dapatditariksuatukesimpulanapabila modelpembelajaran.TeamGamesTournament.(TGT)pada proses pembelajaranmatematika telah berhasil. Buktinya adalah peningkatan skorpada aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dibuktikan dengan adanya meningkatnya nilaipengetahuandimanapadakegiatanprasiklusskorrata-ratamencapai63, nilai ketuntasanbelajarmencapai35%,kemudianpadasiklus-Inilairata-ratakelasmencapai65denganskor ketuntasan belajar mencapai 60%, dan pada siklus-II nilai rata-rata kelas mencapai 81 dannilaiketuntasanbelajarmencapai90%.Aspekketerampilanjugamenunjukkanadanyapeningkatan skor dimana pada siklus I rata-rata sebesar 68,75 dengan skor ketuntasan belajarmencapai50%danpadasiklusIIrata-rataskorsebesar93,75danskorketuntasanbelajarmencapai100%.

Keywords


Hasil Belajar, Team Games Tournament (TGT), Matematika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,.S. (2002)..Prosedur Penelitian.. Cetakan KeduaBelas..Jakarta: PT Asdi Mahasatya Bandung: Alfabeta

Dewi,.S. 2018. .Pengaruh ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN.No.. 166.INPRESS Bontrita Kabupaten Takalar.. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajan. Jakarta: PT Rineka Cipta.2013.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. 2014. Perencanaandan Strategi Pembelajaran

Hasanah, U., Sarjono., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh model problembased learning terhadap prestasibelajar IPS SMP taruna KedungAdem. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1).

Hikmah,.Msy, dkk..Penerepan Model Pembelajaran TeamsGamesTurnament(TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan. Jurnal.Pembeajaran.Biologi, Vol 5 No..1 Mei 2018..Jakarta:.Prenamedia Group..

Karwati, Euis dan Doni Juni Priansa. Manajemen Kelas (Classroom Management.) Guru Profesional yang Inspiratif,.Kreatif,Menyenangkan,dan Berperestasi. .Bandung: Alfabeta.2015...

Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Departmen Agama Republik Indonesia.Jakarta.

Matematika. Jakarta: RajawaliPers.

Purwanto.. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmayanti, Citra. 2007. Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Metode Latihan secara Berkelompok di SMPN 150 Jakarta Timur. Jakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta.

Rostina..Statistika Penelitian Pendidikan, Jakarta: Alfabeta.2014..

Runtukahu, J. Tombokan & Kandou, Selpius, Pendidikan Matematika Dasar

Sholihah, Ai. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament ((TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP (1)1.

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Manajemen. Pendekaan Kuantitatif,Kualitatif,Kombinasi, Penelitian Tindakan,Peneltian Evaluasi . Bandung: Alfabeta CV.2016

Sumenda, Pengantar Filsafat Matematika. (Surakarta: UNS Press, 2010)

Suprijono, A. (2012). Cooperativee Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah dasar.

Sutikno, S.(2014). Metode dan Model Pembelajaran. Holistika. Lombok..

Taniredja, .F., & Harmianto.(2011). Model-Model Pemblajaran Inovatif,.

Utari,.Farika.Dwi,dkk.PengaruhModel Pemblajaran Kooperatif. Tipe Teams GamesTournament Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profit, Vol 5, No. 1 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.