Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Materi Fisika kelas VIII di SMP Negeri 13 Kupang

Oktaviani Kasang, Yusniati H. Muh Yusuf, Antonius Suban Hali, Hartoyo Yudhawardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran materi Fisika kelas VIII di SMP Negeri 13 Kupang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru IPA kelas VIII dan Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran materi Fisika sudah berjalan dengan baik, persiapan yang dilakukan mencakup analisis capaian pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP), perencanaan asesmen diagnostik, pengembangan modul ajar yang disesuaikan dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik, serta perencanaan asesmen formatif dan sumatif. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi juga telah diterapkan sesuai kebutuhan peserta didik serta telah menyusun evaluasi pembelajaran berupa asesmen diagnostik, asesmen formatif dan sumatif.


Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Materi Fisika

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3), 184–191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Naufal, H., Irkhamni, I., & Yuliyani, M. (2020). Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pekalongan. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 141–148.

Setyaningsih, K. D., Eka, K. I., & Badarudin. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sd Negeri Karangrena 03. Jurnal Riser Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27.

Sugiyono. (2020:104) Metode Penelitian Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2021:95-96) Metode Penelitian Kualitati dan R&D.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hermawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Ujang Cepi Barlian, S. S. (2022). "Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidika,"Journal of Educational and Language Research. (Vol. 4 Nomor 2). Hlm. 1-14.

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.