Analisis Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Permainan Ular Naga Pada Siswa Kelas IV SDN Puntukdoro 2

Efi Listyorini, Parji Parji, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakter profil pelajar pancasila dalam permainan tradisional ular naga pada siswa kelas IV SDN Puntukdoro 2. Karena profil pelajar pancasila yang sudah diterapkan diberbagai sekolah belum cukup optimal dalam lingkungan belajar pada siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional ular naga mengandung nilai-nilai karakter profil pelajar pancasila yaitu : beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkhebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis. Permainan ular naga dapat menjadi salah satu media pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai karakter profil pelajar pancasila pada siswa sekolah dasar.

Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Permainan Tradisional, Ular Naga

Full Text:

PDF

References


Ikhwan, Wahid Khoirul. 2015. “Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu Pendidikan MTs Negeri Di Kabupaten Tulungagung.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 4(1): 16–22.

Mega, Gustiana, Siti Baitul, and Mohammad Arif. 2018. “Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa.”

Trenggonowati, Dyah Lintang, and Kulsum Kulsum. 2018. “Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon.” Journal Industrial Servicess 4(1): 48–56.

Iswinarti, I. (2019). PERMAINAN TRADISIONAL Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis.

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.

Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengaruh Metode Bermain Melalui Permainan Ular Naga Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 285-294.

Yani, H. (2018). Permainan Tradisional Anak Negeri. Jakarta: PT. Telkom Indonesia, Tbk. dan PT. Balai Pustaka (Persero).

(Rosidatun, Model Implementasi Pendidikan Karakter, ( Kulon Gresik: Caremedia Communication, 2018), hlm. 62-63.)

Irwan P. Ratu Bangsawan, Direktori Permainan Tradisional

Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan (Sumatra Selatan: Dinas

Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin, 2019), hlm. 51

Yulita, R. (2017). Permainan tradisional anak nusantara. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Sugiyono, S. (2007). Statistika untuk penelitian.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Fundamentals of Qualitative Data Analysis In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (pp. 69–104).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.