Representasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga dan Sekolah di Era Globalisasi

Dinova Satrio Yudhoyono, Fajar Lumintang, Endang Sri Maruti

Abstract


Artikel ini membahas representasi pendidikan karakter di lingkungan keluarga dan sekolah untuk menyoroti dan menunjukkan pentingnya pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif, kualitatif dan berdasarkan pendekatan literatur. Termasuk mencari referensi artikel dan sumber lain yang dianggap relevan dan representatif. Hasil kajian dan pembahasan menunjukan bahwa pendidikan karakter mulai popular di tahun 2010 pasca reformasi dimana kita sudah memasuki era globalisasi yang dimana sifat manusia memiliki kecenderungan moral yang terdegradasi. Hal ini dapat kita lihat dengan membeludaknya kasus-kasus yang mencederai berbagai pihak tak terkecuali para praktisi dan akademisi bahkan negeri ini sendiri. Pendidikan karakter memiliki arti yang sangat penting untuk kehidupan. Pendidikan juga menjadi kekuatan yang dapat mengantarkan manusia untuk mencapai kemajuan peradaban untuk menyongsong kehidupan hari esok yang lebih cerah.

Keywords


Pendidikan Karakter; Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Fita Sukiyani dan Zamroni, Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga, Socia JurnalIlmu-Ilmu Sosial, Mei 2014 , Vol. 11, No. 1 57-70, From:file:///C:/Users/Asus/Downloads/5290-13528-1-PB.pdf

Annisa Fitrah Nurrizka, Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di SurakartaSuatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial, Jurnal Analisa Sosiologi April 2016, 5(1): 28-37. From:https://media.neliti.com/media/publications/227595-peran-media-sosial-di-era-globalisasi-pa-1f4da2e5.pdf

Dicky Setiardi, Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak, Jurnal TarbawiVol. 14. No. 2. Juli–Desember 2017, h. 135-146. From:file:///C:/Users/Asus/ Downloads/619-1930-1-PB.pdf

Munirah, Urgensi Pendidikan Agama Luar Sekolah terhadap Pembentukan Akhlak dalamRumah Tangga, Irfani, Vol. 11, No. 1, 2015, h. 108-115. From:https:// media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-terhadap-pembentukan-akhlak-dalam-rumah-ta.pdf

Munirah, Ihya’uddin Jazimi, Perkembangan Mental Anak dan Lingkungannya, Vol. 1 No. 01

(2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Edisi 01, Tahun 2020. From:https://e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ecie/article/view/24

Abu Bakar Ash-Shiddiq’’, Al-Muzakki: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.1, No.1, Agustus 2019, 1-1, file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/Nilai_Nilai_Pendidikan_ Karakter_Dalam_Ke.pdf

Adian Husaini, Pendidikan Islam, Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Cet. 1; Jumadil Tsaniyah 1431 H / Juni 2010 M, hal 25, from https://airellt.files.wordpress.com/2014/08/dr- adian-husaini-pendidikan-islam-membangun-manusia-berkarakter-dan-beradab.pdf

Sigit Tri Utomo dan Ahmad Sa’I, Internalisasi Nilai- nilai Akhlaqul Karimah Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Kecmatan Windusari Kabupaten Magelang, Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 1, Februari 2017, h. 55-68. From file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/2170-7889-1-PB.pdf

Muhammad Jundi, Muh. Arif, Abdullah, Pendidikan Islam dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad Saw. bagi Generasi Muda, Al-Tarbawi Al-Hadits: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No. 1, 2020, h. 41-59. From:file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/PENDIDIKAN_ISLAM_DAN_KETELADANAN_MORAL_R.pDf

Muh. Arif, Metodologi Studi Islam, Cet. 1; Solok Sumatra Utara: Balai Insan CendekiaMandiri, 2020. From file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/ METODOLOGI _STUDI_ISLAM_Suatu_Kajian_Inte.pdf

Haidar Putra Daulay, Pendidikan islam di Indonesia Tinjauan dari Sudut Peluang dan Tantangan pendidikan Islam di Era Milenial, ISBN 978-623-7160-00-0, Cet. 1; 2019, h. 3-14, From file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/The_Dynamic_of_Islamic_ Education_in_Sout%20(1).pdf

Muh. Arif & Romin Bakari, Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Barzanji, Vol. 14, No. 1, 06, 2019, h. 1-25. From file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/Documents/1052-Article%20Text- 3003-1-10-20191027.pdf

Nopan Omeri, Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan, Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468, from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/1145-2172-1-SM%20(1).pdf

Rahmat Rifai Lubis, Pendidikan Karakter dalam Bingkai Sistem Pendidikan Nasional, Cet.1; 2019, From file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/The_ Dynamic_of_Islamic_ Education_in_Sout%20(1).pdf

Nopan Omeri, Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan, Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/1145-2172-1-SM.pdf

Agung Prihatmojo, Ika Mulia Agustin, Dewi Ernawati, Diana Indriyani, Implementasi Pendidikan Karakter di Abad, Website: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ SEMNASFIP/index, 2019,h. 180-186, From: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/5125-12285-1-SM%20(1).pdf

Achmad Dahlan Muchtar, Aisyah Suryani, Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud), Edumaspul: Jurnal Pendidikan – Vol 3 No. 2 (2019) 50-57. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/142-Article%20Text-313-1-10-20191005%20(1).pdf

Rumba Triana, Internalisasi Jihad dalam Pendidikan Karakter, Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 07/No.1,04 2018, From file:///C:/Users/Lenovo/ Downloads/INTERNALISASI_JIHAD_DALAM_PENDIDIKAN_KAR.pdf

Sadam Fajar Shodiq, Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Penanaman Nilai dan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif, At-Tajdid, Volume. 1, No. 1 Januari-Juni 2017, h. 14-25. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/332-593-1-SM.pdf

Agung Prihatmojo, Ika Mulia Agustin, Dewi Ernawati, Diana Indriyani, implementasi pendidikan karakter di abad, Agung Prihatmojo, Ika Mulia Agustin, Dewi Ernawati, dan Diana Indriyani: Implementasi.... Website: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ SEMNASFIP/index, Edisi Oktober 2019, hal 180-186, from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/5125-12285-1-SM%20(1).pdf

Faradila Amri, Munirah, Peran Pendidikan Islam dalam Film Animasi Upin dan Ipin Sebagai Tiruan Anak Pra Sekolah, al-Muzakki: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, 2019, h. 49-59. From: https://www.e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ almuzakki/article/view/72/42

Enggar Dista Pratama, Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMK Negeri 2 Pengasih, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2018. From: https://eprints.uny.ac.id/57051/1/14504241031_Enggar%20Dista%20Pratama_Naskah%20Tugas%20Akhir%20Skripsi.pdf

Lyna Dwi Muya Syaroh, Zeni Murtafiati Mizani, Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) Online: https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) Volume 3, Nomor 1, Juni 2020, h. 63-82. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/1224-Article%20Text-4184-2-10-20200815.pdf

Utomo, Eko Prasetyo, Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Jati Diri Ke- Indonesia-an, From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/ 18626-45728-1- PB.pdf

Deana Dwi Rita Nova, Novi Widyastuti, Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transfortasi Umum, Jurnal Comm- Edu, Vol. 2, No. 2, 2019, h. 113-118. From:https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2515/681

Desti Mulyani, Syamsul Ghufron, Akhwani, Suharmono Kasiyun, Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar, Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol. 11 No. 2, Agustus 2020, h. 225- 238. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/4724-Article%20Text-12677-1-10-20200810.pdf

Muhammad Kamim, Menumbuhkan Nilai-nilai Integritas di Lingkungan SMK Negeri 1 Sidoarjo Melalui Peranan Kepala sekolah, Guru, dan Siswa dalam Gerakan Anti Menyontek, SMK Bisa, 2017, From: http://smkn1sidoarjo.sch.id/artikel-333-ARTIKEL-MENUMBUHKAN-NILAI-NILAI-INTEGRITAS-DI LINGKUNGAN-SMK-NEGERI-1-SIDOARJO.html

Indar Riyanto, Dosen Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter, Desanta Publisher, 2018, ISBN : 978-602-61598-6-1, hal 1-20, from file:///C:/Users/ Lenovo/Downloads/Ikatan_Dosen_RI_IDRI_Provinsi_Banten_MEN.pdf

Ratnawati Sukardi, Pendidikan Nilai; Mengatasi Degradasi Moral Keluarga, , Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017 ISBN 978-602-19411-2-6. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/2209-4820-1-SM.pdf

Irmawanty, Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter, Desanta Publisher,2018, ISBN : 978-602-61598-6-1, 174 hlm; 14,8 x 21 cm, hal 87-106. From:file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/Ikatan_Dosen_RI_IDRI_Provinsi_Banten_MEN.pdf

Anggit Grahito Wicaksono, Fenomena Full Day School dalam Sistem Pendidikan Indonesia,Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 1 (1) 2017, p: 10-18. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/12- 301-1-PB.pdf

Joko Prih Triyana1, Ery Tri Djatmika , Bambang Budi Wiyono, Sistem Full Day School dalam Menguatkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 12, Bln Desember, Thn 2018, Hal 1550—1560. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/11793-17879-1- SM.pdf

Irmawanty, Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter, Desanta Publisher, 2018, ISBN : 978-602-61598-6-1, 174 hlm; 14,8 x 21 cm, hal 87-106, from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/Ikatan_Dosen_RI_IDRI_Provinsi_Banten_MEN.pdf

Munirah, Nilda S. Ladiku, Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik, Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Volume 4 No 2, (2019): 336-348. From: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/1143/881


Refbacks

  • There are currently no refbacks.