Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 1 Klepu

Farhan Rendi Triatma, Melik Budiarti, Naniek Kusumawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai Penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPAS Kelas V di SDN 1 Klepu, Kec. Sooko Kab. Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, setelah itu data disajikan, kemudian diverifikasi atau ditarik kesimpulan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Peneliti menemukan bahwa pada tahap perencanaan, guru telah melaksanakan dengan baik sesuai pedoman mandiri kurikulum, yang mengungkapkan bahwa guru menganalisis SKS, merumuskan TP, menyiapkan ATP dan merencanakan modul pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Klepu .

Keywords


Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Fajarwati, D. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Di Kelas Iv Sd N 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–72.

Hasdiana, U. (2018). Penelitian Kualitatif. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515


Refbacks

  • There are currently no refbacks.