Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative tipe NHT Berbantu Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV

Zainul Arifin, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Peneliti menemukan permasalahan dalam hasil belajar IPAS siswa kelas IV yang mengalami penurunan dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD" dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Model desain yang dipakai peneliti berbentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini, di awal penelitian dilakukan pengukuran terhadap variabel dependen kemudian setelah diberi perlakuan dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang sama. Berikut pola dari desain ini adalah:Dari hasil analisis statistik uji t-test diatas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan taraf signifikan  0.05. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan Microsoft Excel maka diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga dapat dikatakan pada penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai sig (2-tailed) α 0.05 atau 0,000 < 0.05. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengarh yang positif dan signifikan dalam penggunaan model pembelajaran cooperative tipe NHT berbantu media powtoon terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV.

Keywords


Model Pembelajaran NHT; Powtoon; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Desvianti, D., Desyandri, D., & Darmansyah, D. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1201–1211. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.504

Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model “Number Heads Together (NHT)” in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180.

Pratiwi, F., Harahap, R., & Nurbaiti, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Number Head Together (Nht) Materi Sumber Energi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 200107/10 Padangsidimpuan. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 409–419. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i2.348

Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869

Sagendra, B. (2022). Proyek IPASS Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara, 1–23.

Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1–37. http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar

Arifin, Retno, dan Laksana

Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219

Zulaiha, S., Meldina, T., Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., Curup, D., & Lebong, R. (n.d.). Problematika Guru dalam Merdeka Belajar Menerapkan Kurikulum. 2022, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.