Penerapan Metode Pembelajaran Game Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Kota Madiun

Muslih Nur Kholis, Vivi Rulviana, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan Game Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Diawali dengan identifikasi masalah saat proses pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan siklus I yang meliputi; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk dilanjukan pelaksanaan tindakan siklus II. Metode pengolahan data yang dilakukan dengan rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan game based learning pada siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dilihat dari kenaikan rata-rata nilai UH, Siklus I, dan Siklus II. Pada nilai ulangan harian nilai rata-rata kelas 65, dengan ketuntasan 10 siswa. Kemudian pada siklus I nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 79, dengan ketuntasan 22 siswa. Pada siklus I sudah menunjukan peningkatan meski belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Sementara pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas 80, dengan ketuntasan 24 siswa. Pada siklus II ini, kriteria ketuntasan sudah mencapai target yang diharapkan.

Keywords


Prestasi Belajar; Game Based Learning; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Sabri. (2014). Strategi Belajar Mengajar Mikro Teaching. Ciputat: Quntum Teaching.

Ahmad Tafsir. 2008. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda Karya

Andi, M. S. (2017), Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Anita, Y. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arifuddin, Ahmad dan Arrosyid, Rohmah Siti. 2017. Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat, Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Volume 4, Nomor 2.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmaka, Ridduwan Agung, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Peluang, Skripsi. Jawa Timur: IKIP PGRI Bojonegoro.

Kholis, Rulviana, dan Maruti

Aqsa, M.D., Nurhaswinda, N., & Hidayat, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika dalam Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III SD Negeri 019 Tanjung Sawit. Journal On Teacher Education, 2(2), 9-16, https://doi.org//https://doi.org/10.3100/jote.vwiw.1249

Aqib, Zainal. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta.

Basri, M., & Lestari, N. I. (2019) Strategi Pembelajaran Sejarah (I) Graha Ilmu.

Candra, A.M., & Rahayu, T. S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game

Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Ekowati, D. W Dan B. I. Suwandayani, 2019 Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar, UMM, Malang.

Elsani, H. (2021) Analisis Pemehaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Kelas 2 SDN 2 Cibadak. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 38-49, Https://Doi/Org/10.33365/Ji-Mr.Vlil.250

Ending Sri Wahyuni, 2020 Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta :CV. Adanu Utama.

Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Harries, t., & barmby, p. (2006) represting multiplaction. 26(November), 25-30. https://doi.org//https://doi.org/10.1080/14794800008520169

Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasanah, N. (2016). Standar Akuntasi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual. Surabaya: Terbitan In Media.

Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 06 (02).

Herman Hudoyo. 2005. Teori Belajar Untuk Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Hutahean, M. R. H. 2019. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Pada Kompetensi Menentukan Unsur Pengunjung Desain Interior dan Eksterior Bangunan Kelas Xii Smk Negeri 5 Medan T.P 2016/2017:, Jurnal Warta Edisi 59, Volume 13, Nomor 1.

Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. 5(4): 11-17.

Komalasari, Kokom (2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung :Refika Aditama.

M. Andi Setiawan. 2017. Belajar Dan Pembelajara. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Maesaroh, Siti. 20133 Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1 November 2013. Diakses pada 20 Maret 2018 dari https://media.neliti.com/media/publications/

Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Motivasi Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80-86.

Muhibin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Muhibin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

N. Ardi Setyanto. 2017. Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Natalia Winda, Makalah Metode Ceramah (2017).

Nuryana, N., & Suryadin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap

Kholis, Rulviana, dan Maruti

Pratiwi, Noor Komari, (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember.

Rizki Dkk (2017). “Praktik Kerja Industi Memiliki Pengaruh Yang signifikan terhadap kemampuan pengusahaan headskill siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan” Smk Negeri 5 Jember.

Sakti, P. W. (2020). PENGARUH PKL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN B SMK NASIOAN BERBAH. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/67194/

Santiani, E. Oktaviani, R. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. Ekonomi Syariah. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Sorong.

Sarosa, S. (2021) Analisis Data Penelitian Kualitatif. Sleman: PT Kanisius.

Sawaluddin, & Siddiq, M. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK & Pendidikan, 6(1), 13-24.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyati, I (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 104.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono dan Hariyanto, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tambak, Syahraini. (2014). Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, Volume 21, Nomor 21, Tahun 2014.

Utomo, Dwi. 2013. “Efektifitas Model Pembelajaran Tai (Team Assited Individualization) Berbantu Prezi Desktop terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kimia”. jurnal penelitian. volume 19. https://www.academia.edu/8822253

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zhafari. 2012. Permainan dalam pembelajaran dan teori-teori permainan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.