Pengembangan Media Komik Digital pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD

Amanda Anjani Anayansya, Cerianing Putri Pratiwi, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media komik digital yang dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah guru wali kelas III dan siswa kelas III di SDN Bodag 02 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 16 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap motivasi dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta dengan adanya media komik digital siswa yang semula pasif saat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital dapat menumbuhkan motivasi siswa serta meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik bahasa Indonesia tema 2 subtema 2 materi dongeng di kelas 3 sekolah dasar.

Keywords


Media komik digital; Pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi aksara.

Diani, Aulia Ambar, dan Sukartono Sukartono. 2022. “Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (3): 4351–59. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Apandini, Cindera Rafa, dan S. Pd. t.t. “Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Komik Digital.”

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275–286.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246-251.

Payanti, D. A. K. D. (2022, July). Peran Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. In Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 464-475).

Eka Rama Mahendra, Gigih Siantoro, Made Pramono. 2021. Pengembangan KomikPendidikan Sebagai Media Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Education and Development,

Utarayanti, I. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik dalam Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 345-346

Julizawati, Lara. t.t. “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU 1445 H/2023 M.”

Ginting, D. R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.