Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa

Fikri Haikal Azmi, Sri Wulan Anggraeni, Depi Prihamdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan siswa.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen. Kemampuan membaca permulaan merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan media wordwall merupakan variabel bebas. Seluruh murid SD Negeri Karangsari I berjumlah 237 siswa merupakan populasi dalam penelitian ini. Metode rancangan one grup pretest – posttest design yang dilakukan sehingga menghasilkan sampel berjumlah 29 siswa. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan satistik inferensial dilakukan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest sebesar 65.00, posttest 74.00, uji hipotesis (2-talled) 0.000 < 0.050 sehingga membuktikan bahwa penggunaan media game wordwall ini dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan belajar membaca siswa, akibatnya membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Dari hasil penelitian yang di dapat, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi wordwall berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan penggunaan media wordwall dengan mengembangkan ke versi yang lebih baik lagi.

Keywords


Media Pembelajaran, Wordwall, Kemampuan Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

References


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen. Kemampuan membaca permulaan merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan media wordwall merupakan variabel bebas. Seluruh murid SD Negeri Karangsari I berjumlah 237 siswa merupakan populasi dalam penelitian ini. Metode rancangan one grup pretest – posttest design yang dilakukan sehingga menghasilkan sampel berjumlah 29 siswa. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan satistik inferensial dilakukan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest sebesar 65.00, posttest 74.00, uji hipotesis (2-talled) 0.000 < 0.050 sehingga membuktikan bahwa penggunaan media game wordwall ini dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan belajar membaca siswa, akibatnya membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Dari hasil penelitian yang di dapat, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi wordwall berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan penggunaan media wordwall dengan mengembangkan ke versi yang lebih baik lagi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.