Implementasi Metode Pembelajaran Membaca Syllabic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Purworejo 02 Geger

Fernanda Fitriani, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Membaca di sekolah dasar terbagi menjadi dua, membaca permulaan dan membaca lanjut. Membaca seharusnya sudah dikuasai semenjak kelas 1 sekolah dasar, membaca merupahan hal yang sangat penting fenomena banyaknya siswa yang belum mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajar. Adanya metode syllabic sangat membantu siswa memahami dan mencermati materi yang diberikan oleh guru saat proses pembelajaran berlangsung. Metode ini memberikan peran dalam membantu siswa membaca permulaan khususnya kelas rendah di sekolah dasar, Penelitian ini dilakukan dengan Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dari hasil penelitian ini Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan membaca permulaan dengan metode syllabic. metode membaca syllabic ini meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Pembelajaran Membaca,Metode syllabic,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Suyadi. Putri, R. S. A. (2021). Pienggunaan Mietiodie Suku Kata (Syllabic Miethiod) UntuK Mieningkatkan Kiemampuan Miembaca Piermulaan Pada Siswa Kielas 1 SDN 009 Tarakan. 5.

Sietiyiosio, H. S. (2020). Pieningkatan Kietierampilan Miembaca Piermulaan Mielalui Mietiodie Suku Kata Diengan Miedia Kartu Biergambar Kielas 1 Sdn 01 Buluriejio Tahun Ajaran 2019/2020.

Rahiel Sionia Ambarita.,Nienieng Sri Wulan,.D. Wahyudin. (2021). Analisis Kiemampuan Miembaca Piemahaman pada Siswa Siekiolah Dasar. iEdukatif : Jurnal Ilmu Piendidikan, 2336 - 2344.

Sudharta, V. A. (2017). Gaya Kiepiemimpinan Kiepala Siekiolah dalam Pierspiektif Psikioliogi. JMSP (Jurnal Manajiemien Dan Supiervisi Piendidikan), 1(3), 208-217.

Saputri, D. A., Riobandi, B., & Hieryantio, D. (2020). Pienierapan Mietiodie Drill untuk Mieningkatkan Kiemampuan Mienulis Piermulaan Huruf Cietak Kielas I SD. Jurnal Piendidikan Guru Siekiolah Dasar, 5(3), 1-11.

Mahiendra, Y., Apriza, B., & Riohmani, R. (2022). Liearning Lioss Piembielajaran Calistung Siswa Siekiolah Dasar. Jurnal Basiciedu, 6(6), 9294-9303.

Mieio, A., Wau, M. P., & Lawie, Y. U. (2021). Analisis Kiesulitan Bielajar Miembaca Piermulaan Pada Siswa Kielas I SDI Biobawa Kiecamatan Gioliewa Sielatan Kabupatien Ngada. Jurnal Citra Piendidikan, 1(2), 277-287.

Suprihadi Saputrio. 2000. Stratiegi Piembielajaran. Malang: Diepartiemien Piendidikan Nasiional Univiersitas Niegieri Malang Fakultas Ilmu Piendidikan.

Hardani, dkk. 2020. Mietiodie Pienielitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yiogyakarta: CV Pustaka Ilmu

Apriani, C., & Kasiyati, T. (2013). iEfiektifitas Mietiodie Kupas Rangkai Suku Kata Dalam Mieningkatkan Kiemampuan Miembaca Piermulaan Bagi Anak Kiesulitan Miembaca (Singlie Subjiect Riesiearch Kielas Ii Di Sdn 09 Pauh Padang). Jurnal Pienielitian Piendidikan Khusus, 2(3).

Yuliana. (2009). Analisis pielaksanaan biermain suku kata dalam miengiembangkan kiemampuan miembaca piermulaan pada anak usia dini. 1–12.

Alfiah, F., & Umar, S. (2018). Piengiembangan Miedia Big Bioiok Tierhadap Kietierampilan Miembaca Piermulaan Diengan Mietiodie Suku Kata. Jioyful Liearning Jiournal, 7(1), 1– 9.

Havisa, S., Sioliehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Piengaruh Mietiodie Suku Kata Miengunakan Miedia Kartu Huruf tierhadap Kiemampuan Miembaca Piermulaan Siswa Kielas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupatien Sioriong. Jurnal Papieda: Jurnal Publikasi Piendidikan Dasar, 3(1), 23–31.

Wachidah, K., & Wardana, M. D. K. (2021). Buku Ajar Piendidikan Bahasa Dan Sastra Indioniesia SD Kielas Riendah. Umsida Priess, 1-115.

Laila Silmi Kaffah1, Maryionio2, Silvina Nioviyanti3,2022. Stratiegi Guru Dalam Piembielajaran Miembaca SiswaKielas 1 Siekiolah Dasar. JURNAL PiENDIDIKAN DAN KiONSiELING ViOLUMiE 4 NiOMiOR 1 TAHUN 202292JPDK: Violumie 4 Niomior 2 Tahun 2022 Riesiearch & Liearning in Primary iEducatiion.

Dalman. (2014). Kietierampilan Miembaca. Jakarta: Raja Grafindio Piersada.

Tarigan, H. G. 2008. Miembaca : Siebagai Suatu Kietierampilan Bierbahasa. iEdisi Rievisi. Bandung: Angkasa.

Istantio, Budi. 2007. Pientingnya Piendidikan Mioral Bagi Gienierasi Pienierus. Yiogyakarta: FIP. UNY.

Basuki, B. (2019). Piengiembangan Miodiel Piembielajaran Miembaca diengan Pielabielan iObjiek Siekitar (PiOS) untuk Murid taman Kanak-Kanak. DiEiEPUBLISH PUBLISHiER.

Kumullah, R., Yuliantio, A., & Ida, I. (2019). Pieningkatan Miembaca Piermulaan Mielalui Miedia Flash Card pada Siswa Kielas Riendah Siekiolah Dasar. Jurnal Piendidikan, 7(2), 36–42.

Rahim, Farida. (2011). Piengajaran Miembaca di Siekiolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Akib, iErwin. & Muhammad, Akhir. 2022. Analisis Pielaksanaan Piembielajaran Miembaca Piermulaan Anak Bierkiebutuhan Khusus di Kielas Riendah SD Piertiwi Makassar. Jurnal Piendidikan Dasar, 2 (13): 39.

Nurhadi. 2018. Tieknik Miembaca. Jakarta: Bumi Aksara

Amin, Muhammad. (1995). Piembielajaran Miembaca Piermulaan Mielalui Piendiekatan suku kata”, Jakarta : Bumi Aksara

Daryantio, 2011, Pienielitian Tindakan Kielas dan Pienielitian Tindakan Siekiolah Biesierta Ciontioh- Ciontiohnya, Yiogyakarta : Gava Miedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.