Analisis Kebutuhan Peserta Didik: Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Bangunsari 02 Pada Materi Pecahan

Dinda Dwi Piskawati, Yuyun Syafira Yanuar, Nadia Dewi Susianti, Dyah Ayu Pengukir, Wafiq Azizah, Monica Kusuma Pawestri, Endang Sri Maruti

Abstract


Pada proses pembelajaran diperlukan media yang sesuai agar dapat menunjang keefektifitas dan meningkatkan motivasi belajar bagi siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran pada materi pecahan. Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IV SDN BANGUNSARI 02 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 37 siswa.  Instrumen pada penelitian ini adalah observasi,dan wawancara. Berdasarkan Hasil observasi dan wawancara kepada siswa dan guru kelas IV diketahui bahwa dalam pembelajaran yang dilaksanakan siswa kelas IV masih bersifat konvensional, yaitu menggunakan media cetak (buku) dan jarang menggunakan metode kelompok serta media audio. Sehingga, dalam kegiatan pembelajaran pada materi pecahan ini guru harus memancing siswa terlebih dahulu agar mereka bisa mengerjakan soal terkait pecahan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan media pembelajaran dapat diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan media dalam pelaksanaan pembelajaran yang lebih interaktif guna meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran; Pecahan; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Hidayah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Bahan Ajar terhadap Kebutuhan Guru dan Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 128-144.

Maharani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri Wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 31 Tahun ke-7 , 1-9.

Midiyanto, V. F., & Hunaifi, A. A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran , 255-260.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, R. P., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 243-255.

Ratnaningtyas, E. M., Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T., Karimuddin, Jahja, A. S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zani.

Tohiri, A., Abidin, Z. A., & Fatonah, U. (2022). Anallisa Kebutuhan Media Di Sekolah Dasar. Penelitian, 88-91.

Vanista, A., & Nurjamiludin, I. (2023). Kebutuhan Personal Seorang Siswa dalam Proses Pembelajaran (Perspektif Psikologi). Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 238-244.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, 3928-3936.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.