Implementasi pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik bagi siswa kelas iii sdn sambirejo kabupaten madiun

Niken Widyaningrum, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Pembelajaran tematik merupakan kegiatan belajar yang dimana pembelajaran ini mengintegrasikan materi dari beberapa mata pelajaran. Dengan pembelajaran tematik dapat dikaitkan dengan pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal karena sebagai sarana menanamkan nilai kebhinekaan pancasila untuk menciptakan rasa kebanggaannya terhadap warga negara Indonesia. Selain itu, nilai kearifan lokal akan menimbulkan rasa kecintaannya terhadap kebudayaan sendiri yaitu Dongkrek. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang diambil melalui kegiatan observasi, wawancara, serta dokumen. Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer. Pada penelitian ini jumlah informan yang akan diteliti berjumlah 3 orang yaitu guru kelas III, dan 2 siswa. Temuan dalam kegiatan penelitian ini adalah bentuk penerapan pendidikan multikultural pada pembelajaran tematik kelas III dapat dilihat dari pengintegrasian setiap kegiatan pembelajaran dan guru juga mengintegrasikan pendidikan multikultural ini melalui kegiatan spontan yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar.


Keywords


Pendidikan Multikultural; Kearifan Lokal; dan Pembelajaran Tematik.

Full Text:

PDF

References


Arum & Ismaya. (2021). Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING. 4(2), 61–66.

Bahasa et al. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendekia, Vol 10 No. 2

Brata. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, Vol. 5 No. 1

Hidayani, M. (2016). Pembelajaran Tematik dalam K-13 Masrifah Hidayani. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 15 No. 1

Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 1 No. 2

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 13 No. 1

Siti Nurhidayah, Ayu Rahmawati. (2022). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Innovation in Primary Education. Vol. 1 No. 1

Sudrajat. (2014). Pendidikan Multikultural Meningkatkan Kualitas Pemb Ips. 1(1), 1–19.

Ulfah Fajarini. (2014). Penerapan kearifan lokal dalam pendidikan karakter, Jurnal Sosio Didaktikan, Vol. 1 No. 2

Warman, R.D. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Oleh Guru Kelas pada Sekolah Dasar di Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 6 No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.