Bagaimana tingkat kesadaran fonologi bahasa Jawa siswa SD kelas 4?

Endang Sri Maruti, Parji Parji

Abstract


Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan kesadaran fonologi bahasa Jawa siswa SD. Untuk mengetahui tingkat kesadaran fonologi anak, salah satu indikatornya adalah dengan melihat kemampuan anak dalam menulis dan membaca teks berbahasa Jawa. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara pengarsipan semua tugas yang berkaitan dengan menulis dan membaca teks latin berbahasa Jawa yang dikirim siswa melalui aplikasi whatsapp baik berupa foto tugas menulis maupun voicenote saat membaca teks. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara analitik diagnostik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 SD banyak melakukan kesalahan fonologis saat menulis dan membaca teks berbahasa Jawa. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah saat menulis huruf vokal /a/ dan membaca huruf konsonan /dh/ dan /th/. Berdasarkan banyaknya kesalahan itu, maka dapat disimpulkan bahwa kesadaran fonologi bahasa Jawa siswa SD kelas 4 masih tergolong rendah, atau bisa dikatakan kurang sadar.

Keywords


Kesadaran fonologi; siswa sekolah dasar; bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References


Blachman BA. Phonological awareness. 2000;

Stoel-Gammon C. Relationships between lexical and phonological development in young children. J Child Lang. 2011;38(1):1.

Robbins C, Ehri LC. Reading storybooks to kindergartners helps them learn new vocabulary words. J Educ Psychol. 1994;86(1):54.

Bruck M, Genesee F. Phonological awareness in young second language learners. J Child Lang. 1995;22(2):307–24.

Anthony JL, Francis DJ. Development of phonological awareness. Curr Dir Psychol Sci. 2005;14(5):255–9.

Kaloki PN. The Relevance Of Paulo Freire’s Critical Pedagogy In Relation To The Kenyan System Of Education. ST . BONAVENTURE COLLEGE; 2013.

Kumar S. Paulo Freire: Democratic Frame Work in Socio-Educational Philosophy in Teacher Education for Developing Countries. Indian J Appl Res X. 2014;147(7):2249–555.

Hanif M. DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK TRANSFORMASI SOSIAL (Studi Perbandingan Pemikiran Paulo Freire dan Ivan Illich tentang Pendidikan Pembebasan). KOMUNIKA J Dakwah dan Komun. 2014;8(2):113–28.

Vittoria P, Strollo MR, Brock S, Romano A. Surveys As Praxis: a Pilot Study on Transformative Learning Assessment With the Laboratory Experience of the Theatre of the Oppressed. Inted2014 8th Int Technol Educ Dev Conf. 2014;(March):6147–57.

Shevock D. Reflections on Freirean Pedagogy in a Jazz Combo Lab. Action, Crit Theory Music Educ. 2015;14(2):85–121.

Datunsolang R. Konsep Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire). Tadbir J Manaj Pendidik Islam. 2017;5(1):132–46.

Prastowo AI. KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Suhuf. 2020;32(1):1–13.

Pasaribu S. PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN YANG MEMBERDAYAKAN. 2018;

Tan C. To be more fully human: Freire and Confucius. Oxford Rev Educ. 2018;44(3):370–82.

Cossu G, Shankweiler D, Liberman IY, Katz L, Tola G. Awareness of phonological segments and reading ability in Italian children. Appl Psycholinguist. 1988;9(1):1–16.

Masny D. Linguistic awareness and writing: Exploring the relationship with language awareness. Lang Aware. 1997;6(2–3):105–18.

LESTARI ARE. Kesadaran Fonologi Pada Anak Usia 3 Tahun. FON J Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2018;12(1):59–66.

Nafisah S. Proses fonologis dan pengkaidahannya dalam kajian fonologi generatif. Deiksis. 2017;9(01):70–8.

Vander Stappen C, Reybroeck M Van. Phonological awareness and rapid automatized naming are independent phonological competencies with specific impacts on word reading and spelling: an intervention study. Front Psychol. 2018;9:320.

Schiff R, Saiegh-Haddad E. Development and relationships between phonological awareness, morphological awareness and word reading in spoken and standard Arabic. Front Psychol. 2018;9:356.

Lederberg AR, Branum-Martin L, Webb M, Schick B, Antia S, Easterbrooks SR, et al. Modality and interrelations among language, reading, spoken phonological awareness, and fingerspelling. J Deaf Stud Deaf Educ. 2019;24(4):408–23.

Weener PD, Senf GM. Learning disabilities. Encycl Educ Res. 1982;3:1059–68.

Thorndike RM, Cunningham GK, Thorndike RL, Hagen EP. Measurement and evaluation in psychology and education. Macmillan Publishing Co, Inc; 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.