Pengaruh model brain based learning berbasis eksperimen terhadap berpikir kritis pada siswa kelas v sekolah dasar

Ilham Hadiwinata, Ivayuni Listiani, Naniek Kusumawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meihat ada pengaruh dari model BBL hasil pretes 0,200 > 0,05 , pascates 0,200 > 0,05 kelas uji coba, sedangkan pretes 0,135 > 0,05 , pascates 0,087 > 0,05 kelas kontrol, informasinya diucapkan biasa saja. Dilihat dari konsekuensi uji homogenitas menunjukkan nilai kepentingan 0,778 > 0,05, sehingga informasi bersifat homogen. Konsekuensi dari uji spekulasi menunjukkan bahwa hasil penyelidikan uji-t mendapat tanda-2 diikuti senilai 0,004, artinya nilainya di bawah 0,05, artinya jika tanda < 0,05 maka H1 diberhentikan dan H0 diakui, selanjutnya diperkuat dengan normal post-test eksplorasi dan kelas kontrol 85,63 > 78,13 dan dibangun oleh polling reaksi siswa yang menunjukkan hasil yang bagus dengan normal 71,09 Mengingat efek samping dari ulasan ini sangat mungkin beralasan bahwa model pembelajaran Cerebrum Based Picking up berpengaruh terhadap hasil penalaran yang lebih berkembang.

Keywords


Brain Based Learning; berbasis eksperimen; berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Buku :

Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka

Payadnya, I. (2018). Putu Ade Andre, and I. Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Alfabeta

Jurnal :

Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp Pendahuluan. 02(01), 113–122

Ibrahim, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2525

Listiani, I. (2022). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BRAIN BASED LEARNING. Journal of Geography Education, 3(2

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Triza, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika tentang Listrik Dinamis dengan Metode Eksperimen Sederhana di Kelas XII IPA 1 MAN 1 Solok Penulis Koresponden : 2(1), 39–47.

Hamdani M, Prayitno BA, & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.