Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 2 kota Madiun

Muhammad Ghufron Zainul ’Alim, Candra Dewi, Octarina Hidayatus Sholikhah

Abstract


Pembelajaran pada materi keragaman budaya menjadi salah satu materi yang wajib dipelajari oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun dengan sampel sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa dari kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Simple Group Design. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan praktik tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil post-test diketahui bahwa nilai rerata kelas eksperimen mencapai 75,8 sedangkan nilai rerata kelas kontrol mencapai . dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pop up book lebih berpengaruh untuk melatih kemampuan bercerita siswa.

Keywords


Materi keragaman budaya; media pop up book; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


L. Hamzah and M. A. Baalwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Keragaman Budaya Dengan Model Addie Pada Kelas Iv Mi Asasul Muttaqin,” Lintang Songo J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 26–31, 2022, [Online]. Available: https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/572/393

Bimrew Sendekie Belay, “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים,” הארץ, vol. 03, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

R. Adinda, S. Arum, F. Yuanta, W. K. Surabaya, P. Book, and H. Belajar, “Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa,” pp. 1–8, 2019.

J. Aliah and I. G. A. T. Agustiana, “Pengembangan Media Pop-Up Book Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Edutech Undiksha, vol. 10, no. 2, pp. 1-No file, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/49656

M. Siswa, P. Tema, K. Sdn, J. Pgmi, and F. Iain, “PENGARUH MEDIA PUPPET SHOW TERHADAP KETERAMPILAN BAYU,” vol. 4, no. 1, pp. 35–48, 2023.

A. Nur Aini and F. Yuliawati, “Efektivitas Media Pop-Up Book Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Purworejo,” EDULAB Maj. Ilm. Lab. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 103–117, 2020, doi: 10.14421/edulab.2020.52-01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.