Pengembangan media pembelajaran aplikasi torso (APTOR) berbasis android pada pembelajaran IPA kelas V materi alat gerak manusia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017) ‘Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran’, Lantanida Journal, 4(1), pp. 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Asmiatun, Siti dan Astrid Novita Putri. 2017. Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta:CV Budi Utama.
Hastri, Rosiyanti dan Rahmita Nurul Muthmainnah. 2018. Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol.4 no.1 pp: 25-36. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36
Hayati, N. (2020) ‘Penggunaan Alat Peraga Torso Pada Materi Sistem Gerak Manusia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2016/2017’ , Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1493
Hendriyani, Yeka dan Karmila Suryani. 2019. Pemograman Android Teori & Aplikasi. Jawa Timur : Qiara Media. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8384
Hisbullah, dan Nurhayati Selvi. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Sulawesi Selatan : Aksara Timur
Irna, Agustina Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni Dandan Luhur Saraswati. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Volume 3. Nomor 1, Juni 2017. Hlm 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era RevoluusiIndustry 4.0. Yogyakarta: Laksana
Karo-Karo, I.R. and Rohani, R. (2018) ‘Manfaat media dalam pembelajaran’, AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kristiyono, J. (2015) ‘Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat’, Scriptura, 5(1), pp. 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30.
Laksana, D.N.L. (2016) ‘Miskonsepsi dalam materi IPA sekolah dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), pp. 166–175. https://doi.org/10.23887/jpi- undiksha.v5i2.8588.
Lusidawaty, V. et al. (2020) ‘Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(1), pp. 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.
Mariyati, D.M. (2022) ‘Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android tema organ gerak hewan dan manusia untuk kelas v sekolah dasar/Dwiki Mariyati’. Universitas Negeri Malang. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p991-1002.
Muhson, A. (2010) ‘Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi’, Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Novita, L., Sukmanasa, E. and Pratama, M.Y. (2019) ‘Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD’, Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), pp. 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurhayati, R. and Tanzila, A.N. (2020) ‘Konsep Dasar Media Pembelajaran’, JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), pp. 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Pamoedji, Andre Kurniawan, Maryuni dan Sanjaya. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan virtual Reality (VR) DenganUnity 3D. Jakarta:Alex Media Komputindo.
Prasetyo, S. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI’, JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1). https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.29
Tafonao, T. (2018) ‘Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), pp. 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wardhani, P.A. (2015) ‘Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu’, Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 58–67. https://doi.org/10.21009/JPD.061.06
Widiana, I.W. (2016) ‘Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), pp. 147–157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Yektyastuti, R. and Ikhsan, J. (2016) ‘Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), pp. 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yuliati, Y. and Lestari, I. (2019) ‘Penerapan model Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200
Han, I. (2020) ‘Immersive virtual field trips in education: A mixed‐methods study on elementary students’ presence and perceived learning’, British Journal of Educational Technology, 51(2), pp. 420–435. https://doi.org/10.1177/07356331211068207
Aschbacher, P. R., & Ing, M. (2017). Who Wants to Learn More Science? The Role of Elementary School Science Experiences and Science Self-Perceptions. Teachers College Record, 119(8), 1–24. https://doi.org/10.1177/016146811711900808
Kuatbekov, A., Vershitskaya, E., Kosareva, I., & Ananishnev, V. (2021). E-Learning sebagai dasar pengembangan kompetensi media pada siswa. Jurnal Ilmu Informasi , 0 (0). https://doi.org/10.1177/01655515211040656
Gelmez Burakgazi, S., & Yildirim, A. (2014). Accessing Science Through Media: Uses and Gratifications Among Fourth and Fifth Graders for Science Learning. Science Communication, 36(2), 168–193. https://doi.org/10.1177/1075547013505847
Đokić, O. J., Boričić, M. M. D., & Jelić, M. S. (2022). Comparing ICT With Physical Manipulative Supported Learning of 3D Geometry in Elementary School. Journal of Educational Computing Research, 59(8), 1623–1654. https://doi.org/10.1177/07356331211001319
Refbacks
- There are currently no refbacks.