Efektivitas model Discovery Learning terhadap hasil belajar Pkn pada Kurikulum Merdeka

Puspita Wahyu Zumaro, Sri Budi Yartati, Lingga Nico Pradana

Abstract


Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan, manusia dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga akan mampu bersaing di era globalisasi. Kemampuan yang diperlukan dalam bersaing di era global sudah diberikan mulai dari jenjang pendidikan yang paling dasar yaitu Sekolah dasar (SD). Masalah pembelajaran Pkn di SD yaitu kurikulum yang terlalu berat; konten kurikulum untuk tingkat SD terlalu tinggi dibandingkan kemampuan anak usia SD; kurangnya kemampuan dalam menangkap kata kunci dalam SK dan KD; guru hanya menggunakan metode  pembelajaran ceramah sebagai metode pembelajaran Pkn; memusatkan konsentrasi;  sulit memahami materi.; dan kurangnya motivasi dan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 01 Mojorejo Kabupaten Magetan. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV, dengan sampel 11 siswa. Data yang dikumpulkan adalah skor pre-test dan skor post-test hasil belajar siswa baik kelas ekperimen maupun kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapat suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning telah efektif digunakan di SD Negeri 01 Mojorejo.


Keywords


Pendidikan; efektif; Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Chusni, M.M., Saputro, S., Suranto, Rahardjo, S.B. (2019). The Conceptual Framework of Designing a Discovery Learning Modification Model to Empower Students' Essential Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series. 1467, 1 9.

Lubis, Y. & Priharto, D.N. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

AqibZainal.2013.Model–modelMedia,danStrategiPembelajarankonstektual(Inovatif).Bandung:CV Yrama Widya.

Arends, Richard I, 2008. Learning to Teach. Pustaka Pelajar: YogyakartaArikunto,Suharsimi.2010.ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik.

Jakarta:PTRinekaCipta.

ArikuntoSuharsimi.2006PenelitianTindakanKelas.Jakarta:Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan KarakterdiSekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2007). Panduan Penilaian Kelompok MataPelajaranPendidikanKewarganegaraandanKepribadian.Jakarta:DepartemenPendidikanNasional.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2003). Panduan Penilaian Kelompok MataPelajaranPendidikanKewarganegaraandanKepribadian.Jakarta:DepartemenPendidikanNasional.

Bloom, S. Benyamin.1956. Taxonomy Of Educational Objectives : Hanbook 1CognitiveDomain.NewYork. David Mckay

BruceJoice.2009. ModelofTeaching.PersonEducation,Inc.

Budiningsih, Asri, 2005 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asri Maha Satya.Cholisin.2006. IKN danPKn ModulUniversitas Terbuka. Jakarta: UT.

Gredler,E,Margaret,2011.LearnningandIntruction.Jakarta:KencanaPrenadaMediagroup.

Gulo, W. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia WidiasaranaHanifahNanang,dkk,2010.KonsepStrategiPembelajaran.Bandung:PTRefika

Aditama.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: UniversitasLampung.

Herpratiwi. 2010. Rancangan Sistem Pembelajaran. Bandar Lampung:Universitas Lampung.

http://principlesoflearning.wordpress.com/dissertation/chapter-3-literature-review-2/the-constructive-perspective/discovery-learningjerome-bruner-1961/(10

Desember2015)

InaYupita(2013).PenerapanModelPembelajaranDiscoveryUntukMeningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar (online). Tersediadihttp://digili.iu. edu). Diaksestanggal 10 Desember 2015.

IsmaulChusnah(2010).PenerapanModelPembelajaranDiscoveryUntukMeningkatkanPembelajaranIPAsiswakelasVMIMiftahulUlumKejapanan(online). Tersedia dihttp://digili.iu.edu). Diaksestanggal 10Desember2015.

Jalaludin.2012.MembangunSDMBangsaMelaluiPendidikanKarakter.Jurnal

Penelitian UPIJakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri PendidikandanKebudayaanRepublikIndonesianomor103tahun2014tentangKurikulum2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

KementerianPendidikanNasionalBadanPenelitiandanPengembanganPusatKurikulumDanPerbukuan.2011.KebijakanNasionalPembangunanKarakterBangsa2010-2025)tentangPanduanPelaksanaanPendidikanKarakter.

Kiki Yuliani, Sahat Saragih. (2015) The Development of Learning Devices BasedGuided Discovery Model to Improve Understanding Concept and CriticalThinking Mathematically Ability of Students at Islamic Junior High Schoolof Medan. Tersedia di http://digili.iu.edu). Diakses tanggal 10 Desember2015.

Krathwohl, R David. 2002. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajarandan asesmen (penterjemah: Prihanto, A dari A Taxonomy For Learning,Teaching and Assesing : A revision Of Bloom’s Taxonomy Of EducationalObjectivesABridgegEddition:AddisonWesleyLongman,Inc2001).Yogyakarta.PustakaPelajar

KurniasihdanSani.2014.RagamPengembanganModelPembelajaranUntukPeningkatanProfesionalitasGuru. Jakarta. Kata Pena

Kunandar.2011.PenelitianTindakanKelasSebagaiProfesiGuru.JakartaPTRajaGrafindo Persada.

Lickona, T. (2012). Educating for Character. New York, NY: Times Company.Mulyasa,E.2007.KurikulumTingkatSatuanPendidikan.Bandung:Remaja

Rosdakarya.

Mulyasa,E.2007.MenjadiKepalaSekolahProfesional.Bandung:RemajaRosdakarya.

PeraturanMenteriPendidikanNasionalRepublikIndonesiaNomor22Tahun2006tentangStandar Isi,Jakarta, 2006.

PribadiA.Benny.2009.ModelDesainSistemPembelajaran.Jakarta:DianRakyat

PribadiA.Benny.2011.ModelASSUREUntukMendesainPembelajaranSukses.

Jakarta:DianRakyat

Roestiyah. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Roestiyah.2008.StrategiBelajarMengajar.Jakarta:RinekaCipta

Rusman, 2012 Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Sagala,Syaiful.2010. KonsepdanMakna Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.

Sanjaya Wina, 2006 Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.SaniAbdulahRidwan.2013. InovasiPembelajaran.Jakarta:PTBumiAksara

Sardiman.2007.InteraksidanMotivasiBelajarMengajar.Jakarta:RajawaliPres.

SmaldinoE.Sharon.2011,InstructionalTechnologyandMediaforLearning.

Jakarta:Kencana

SriAnitahW,dkk.2009.StrategiPembelajarandiSD.Jakarta:Universitas.terbuka

Sudjana Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.

Sugiyono.2011.Metodepenelitianpendidikan.Bandung:Alfabeta

Sugiyono.2007.MetodepenelitiankuantitatifkualitatifdanRND.Bandung:Alfabeta

Supardi.2006Penelitian TindakanKelas.Jakarta:Bumi Aksara.

SurapranataSumarna.2004.Analisis,Validitas,ReliabilitasdanInterperensiHasil Tes. Implementasi Kurikulum2004. Bandung: PT Remaja RosdakaryaOffsetBandung.

Trianto,2009.MendesainModelPembelajaranInovatif-Progresif.Jakarta:Kencana.

Udin S.Winata Putra.2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat PenerbitanUniversitasTerbuka

Undang-UndangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasional,Jakarta:Fokus Media.

WenaMade.2014,StrategiPembelajaranInovatifKonteporer.Jakarta:BumiAksara

WinatraPutra,UdinS.,dkk,2009MateridanPembelajaranPknSD.Jakarta:UniversitasTerbuka.

Winataputra.2008.PendekatanPembelajaranKelasRangkap(PKR).Jakarta:DekdibutDikti

Winarno.2013.PembelajaranPendidikanKewarganegaraan.JakartaBumiAksara. .

WiriaAtmadja,Rochiati,2008MetodePenelitianTindakanKelas.BandungPTRemajaRosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.