Pengaruh media pembelajaran scratch terhadap hasil belajar tematik siswa SD

Irmawati Ayu Sudarno, Hartini Hartini, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scratch terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di SDN 03 Madiun Lor. Materi tematik adalah Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 3 (Energi Alternatif) Pembelajaran 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 85 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dengan teknik pengambilan sampel teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah lembar pre-test dan post-test. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil post-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata 89,643 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, yaitu sebesar 2,111 > 2,074, maka H1 diterima, yaitu ada pengaruh yang siginifikan  pengguaan media scratch terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di SDN 03 Madiun Lor.

Keywords


Media scratch; hasil belajar siswa; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Diyah. (2020). GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Kadir, A., & Putra, A. K. (2015). Bermain Program dan Robot Menggunakan Scratch. Yogyakarta: ANDI.

Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500–1507. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

Lenggogeni, L., & Roqoyyah, S. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV. Journal of Elementary Education, 04(02), 249–256. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v4i2.5687

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Diambil dari http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Priatna, N., & Arsani, M. (2019). Media Pembelajaran Matematika dengan GeoGebra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.