Meningkatkan kemampuan menyunting paragraf melalui media smart card (kartu pintar) kelas IV MI Thoriqul Huda Kerjo

Rizqi Aditya Pratama, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Tujuan pembelajaran berbahasa adalah untuk membuat siswa terampil berbahasa. Kemampuan untuk membaca,menulis,berbicara, dan mendengarkan adalah syarat untuk dianggap terampil berbahasa.merupakan keterampilan berbahasa ini dimana harus dimilik oleh setiap peserta didik haruslah melalui pelatihan dan latihan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media smart card (kartu pintar) dalam keterampilan pembelajaran menulis untuk memperbaiki ejaan dan menyunting paragraf kegiatan menyunting penting untuk dilakukan karena kegiatan ini dapat dijadikan modal utama untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis agar hasil maksimal. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi agaimana penggunaan kartu pintar dapat memperluas jangkauan keterampilan untuk mencapai standar kompetensi.dalam kegiatan penelitian,Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari beberapa tahap: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi dalam kelas IV MI Thoriqul Huda, penggunaan smart card (kartu pintar) sebagai media pembejaran dapat meningkatkan kemampuan mengeja dan tanda baca pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,6 % siswa dalam siklus II mampu dan berhasil menulis dan membaca sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan kartu pintar sebagai media pembejaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengeja dan tanda baca.

Keywords


Keterampilan menulis; menyunting; smart card (kartu pintar)

Full Text:

PDF

References


Abdullah.B. (2017). Makna Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Istiqra’, V(1), 94–102.

Astuti, N. A. I. (2020). Keefektivitas Metode Inkuiri Berbantu Media Smart Card (Kartu Pintar) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau. 12(1), 69–75.

Azizah, I. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas V SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–30.

Moh. Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish (Grub Penerbit Cv Budi Utama)

Nurfadillah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. 3(April), 153–163.

Pahleviannur dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (F. Sukowati & Dini wahyu (eds.))

Rostina, R. (2021). Pengembangan Paragraf Dalam Menulis Sebuah Tulisan. Juripol, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i2.11063

Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. 2(1), 470–477.

Syatriana. (2018). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 01(2), 3–10.

Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/

Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.