Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa tematik kelas V sekolah dasar

Septi Dyah Arum, Sri Lestari, Hartini Hartini

Abstract


Model pembelajaran menjadi faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Pada penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik tentang pentingnya udara bersih bagi kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan jenis nonequivalent control group design. Pada penelitian ini melibatkan kelas kontrol dan eksperimen yaitu kelas VA dan VB dengan jumlah seluruh 28 siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil t-test signifikan 5% (0,05) di peroleh t h hitung (3,871) > t tabel (2,110). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menerapkan model PBL sangat berpengaruh pada pembelajaran dengan skor maksimal 97,5 dan skor minimum 65 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 86.

Keywords


Model pembelajaran; problem based learning; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., Fakultas, T., Dan, K., Pendidikan, I., Iqra, U., Jl, B., Baslamah, A., Si, M., & Namlea, M. (2020). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Learning Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22–34.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Anazifa, R. D. (2017). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia PROJECT- BASED LEARNING AND PROBLEM- BASED LEARNING : ARE THEY EFFECTIVE TO IMPROVE STUDENT ’ S THINKING SKILLS ? 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116–125.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: CV Alfabeta, 1–334.

Yolanda, Y. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 16(2), 29–39. https://doi.org/10.24036/pakar.v16i2.43

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.