Efektivitas model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika

Dienta Fadilla Sherly, Fida rahmatika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terhadap keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika di kelas V SDN Lebak. Jenis pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Time Series Design tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Lebak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal matematika tertulis bentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal yang telah memenuhi validitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan paired sampel t-test. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh terhitung sebesar -5,457 Berdasarkan hasil uji normalitas yang telah dilakukan, pada tes awal kelas eksperimen memperoleh p-value = 0, 158 berarti lebih besar dari 0.05 atau 0, 158 > 0.05 sehingga memiliki data yang berdistribusi normal. Pada tes akhir kelas eksperimen memperoleh p-value = 0, 082 lebih besar dari 0.05 atau 0.082 > 0.05 berarti berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dapat diketahui bahwa data Pretest maupun Posttest berdistribusi normal. Maka dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD Kelas V SDN Lebak

Keywords


Project Based Learning; Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita

Full Text:

PDF

References


Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308

Diana, H. A., & Saputri, V. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609

Daniel, F. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Ekawati, N., Dantes, N., & Marhaeni, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Terhadap Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51.

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030

Hasriyani, A., Baharullah, B., & S, A. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Project Based Learning (PBL) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1173–1184. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1707

Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17–30. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10.

Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Priatna, N., Avip, B., & Mulyati Mustika Sari, R. (2022). Efektifitas Project Based Learning-STEM dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 151–161. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.6588

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668

Rizkamariana, F., Diana, S., & Wulan, A. R. (2019). Penerapan Project Based Learning untuk Melatih Kemampuan Literasi Tumbuhan Abad 21 pada Siswa SMA. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.15203

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.