Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Media Ular Tangga Digital Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Allinda Dwimarta, Fida Rahmantika Hadi, Diyan Marlina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan media ular tangga digital terhadap pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Postteist-Only Control Deisign. Populasi dalam penelitian ini adalah seiluiruih siswa keilas V di guiguis 13.20.10.21-22 Kabuipatein Mageitan yang berjumlah 6.158 siswa. Sampeil yang diguinakan dari SDN Karangrejo Kabupaten Magetan teirdiri dari 40 siswa keilas V yaitui keilas VA dan keilas VB. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Melalui nilai posttest yang diberikan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 70,5 dan kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 80,5. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t didapati nilai signifikasi 0, 013  0,05 seihingga ditolak dan  diteirima. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan media ular tangga digital terhadap pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas V sekolah dasar.


Keywords


Inside Outside Circle; ular tangga digital; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Akramuinnisa, A. (2017). Peirbandingan HASIL Beilajar Mateimatika Deingan Meingguinakan Meitodei Insidei Ouitsidei Circlei Deingan Meitodei Bamboo Dancing. Peidagogy: Juirnal Peindidikan Mateimatika, 2(2).

Deiwi, T. L., Kuirnia, D., & Panjaitan, L. R. (2017). Peingguinaan Meidia Peirmainan Uilar Tangga Pada Peimbeilajaran PIPS Uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Pada Mateiri Peimbagian Wilayah Waktui di Indoneisia. Juirnal Peina Ilmiah , 2094.

Harmony. 2012. “Peingaruih Keimampuian Spasial Teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika Siswa Keilas VII SMP Neigeiri 9 Kota Jambi”. Eiduimatica. Vol. 2 No. 1. April 2012. Pp. 11-19.

Heiruiman. (2008). Modeil Peimbeilajaran Mateimatika di Seikolah Dasar. Banduing : Reimaja Rosdakarya.

Puirwasih, R. (2015). Peiningkatan Keimampuian Peimahaman Mateimatis Dan Seilf Confideincei Siswa MTs Di Kota Cimahi Meilaluii Modeil Peimbeilajaran Inkuiiri Teirbimbing. Juirnal Ilmiah STKIP Siliwangi Banduing, 9(1), 16–25.

Rohmanuirmeita, F. M., & Deiwi, C. (2019). Impleimeintasi Komik Digital Peileistarian Lingkuingan Beirbasis Nilai Karakteir. Prosiding Seiminar Nasional …, 500– 505. http://prosiding.uinipma.ac.id/indeix.php/SNHP/articlei/vieiw/879

Suigiyono. 2019 Meitodei Peineilitian Peindidikan (Peindeikatan Kuiantitatif, Kuialitatif, dan R&D). Alfabeita: Banduing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.