Reaalistic Mathematic Education-Saintifik (RME-S): Keefektivan Terhadap Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education dengan pendekatan Saintific terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Sampel ialah siswa kelas V A dan V B SDN Tambakromo 1 dengan total 57 siswa. Kelas V A menjadi kelas eksperimen, kelas V B menjadi kelas kotrol. Pengumpulan data dengan posttest only guna mengetahui peningkatan prestasi belajar dari kelas V A. Pada hasil posttest kelas eksperimen didapat mean 87,24 dan kelas kontrol 76,79 hasil uji hipotesis p-value 0,001 < 0,05 sehnggga ditolak dan diterima. Kesimpulannya model realistic mathematic education efektif terhadap prestasi belajar matematika kelas V.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraeni, R., Husniati, A., Gaffar, A., & Mustapa. R, Z. (2022). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 30–48. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4148
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, Ja. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Harahap, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Pendekatan RME ( Realistic Mathematic Education ) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 1(2), 65–72.
Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113.
Iriana, A., Munandar, A. H., & Susilawati, T. (2022). Penerapan Realistic Mathematics Education ( RME ) untuk Meningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 08 Kasipute. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 222–233.
Nurhayati, Suryani, D. R., Pratama, R. A., & Taufik, abdul R. (2022). Penerapan Realistic Mathematics Education ( RME ) Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. Science Map Journal, 4(2), 67–73. https://doi.org/10.30598/jmsvol4issue2pp67-73
Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16.
Pratiwi, R. J., Djumhana, N., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan Rme Untuk Kelas IV=. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(I), 195–204.
Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120.
Rosyada, Ta. A., Sari, Y., & Cahyaningtys, A. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” 6(2), 116–123.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Syuba, L. A. F., Supriyono, & Khaq, M. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kliwonan. Journal on Teacher Education, 4(2), 695–704.
Wahyuni, S., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1694–1707. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3433
Refbacks
- There are currently no refbacks.