Peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika materi satuan panjang melalui media sangkar burung pada peserta didik kelas ii sd

Yuniarti Galuh Purwanti, Purwandar Purwandar, Yunay Arsih Eko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran sangkar burung pada pelajaran matematika satuan panjang kelas II SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subjek penelitian ini dilaksanakan sebanyak 19 siswa pada kelas II.  Jenis tindakan penelitian menggunakan tahapan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian instrumen yang digunakan (1) lembar angket respon siswa, (2) lembar aktivitas siswa, (3) lembar hasil belajar siswa. Instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan media sangkar burung untuk pembelajaran yaitu pada siklus pertama media sangkar burung di demostrasikan melalui powerpoint sedangkan pada siklus kedua media sagkar burung secara konkrit siswa dan guru dapat secara langsung menggunakan media sangkar burung. (2) Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media sangkar burung pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 74 % sedangkan pada siklus II presentase 89%, ini menujukan ada peningkatan sebesar 15%. Kemudian aktivitas siswa siklus I presentase rata-rata 65% dan siklus II presentase rata-rata 84 %. Ini menunjukkan peningkatan sebesar 19%.


Keywords


Hasil Belajar; Aktivitas belajar; Media Sangkar Burung.

Full Text:

PDF

References


Untuk Meningkatkan Hasil Beajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60–69. https://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/151/65

Balaweling Y, Mbari M, & Yufrinalis M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang melalui Media Tangga Pintar pada Peserta Didik Kelas III SD. Journal on Education, 05(03), 9115–9123. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/1711/1391

Eka Nugraha, A., & Suyatmin. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 2(1), 12–21. https://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/download/25/18

Magfirah. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Panjang, Berat dan Waktu Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III SDN Cindai Alus 1 Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan, 07(01), 1–10. http://ojs.iai-darussalam.ac.id/index.php/tarbiyahdrs/article/download/312/195

Narumanah, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Pokok Alat Ukur Satuan Panjang Melalui Penerapan Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 6(1), 152–157. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1). https://www.academia.edu/download/56404057/5258-ID-pengaruh-motivasi-belajar-dan-aktivitas-belajar-terhadap-hasil-belajar-akuntansi.pdf

Rejeki, Marta, E., Hasibuan, A. P. G., & Safrudin. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD Marginal Rambah Hilir. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(2), 222–226. https://e-jurnal.rokania.ac.id/index.php/jmnr/article/download/172/113

Rizkyani, M., & Amelia, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IIB SDN Kayuringin Jaya VI Bekasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 141–148. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/download/683/369

Sari, D. A., & Wulandari, M. D. (2022). Pengaruh Metode Jajar Samping (JAMPING) pada Satuan Konversi Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6446–6452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3272

Sasmita, N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Dakon Satuan Panjang Pada Materi Satuan Panjang. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 7–16. https://www.researchgate.net/publication/333089920_kemampuan_pemecahan_masalah_matematika

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410


Refbacks

  • There are currently no refbacks.