Implementasi Model Childrens Learning In Science untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 5 SD

Desiana Candrasari, Rissa Prima Kurniawati, Sri Hartini

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan (1) menerapkan model CLIS (Childrens Learning in Science) dalam meningkatkan hasil belajar kelas 5, (2) guna memberi peningkatan hasil belajar tematik kelas V melewati penerapan model pembelajaran CLIS. Jenis riset ini yaitu penelitian Tindakan Kelas yang dijalankan sejumlah 2 siklus. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jonggrang 1 yang bertotal 10 siswa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Childrens Learning in Science dan variabel terikat yakni perolehan belajar tematik. Teknik yang dipakai pada rist ini ialah tes, observasi. Namun teknik analisis yang dipakai pada penelitian ini ialah kuantitatif serta kualitatif berupa observasi yang dilakukan dan presentase hasil belajar siswa dari pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Childrens Learning in Science di pembelajaran tematik Sub Tema 1: Benda Tunggal dan Benda Campuran; Tema 9: Hal-hal di Sekitar Kita, pembelajaran 1 hasil belajar siswa bisa dinaikkan. Peningkatan nilai belajar di pra siklus 40 %, siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 90% dengan KKM  ≥ 70. Perolehan ini disebut berhasil sebab hasil belajar mendapat indikator ketuntasan yakni ≥ 80%.


Keywords


Model pembelajaran; CLIS; hasil belajar tematik.

Full Text:

PDF

References


Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah Sd Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35–46. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Aristiyani, Y. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model CLIS Pada Pembelajaran IPA Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1(No. 1), 64–71.

Desi Indriyani, Desyandri, Yanti Fitria, I. (2019). Perbedaan Model Children’S Learning in Science (Clis) Dan Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 627–633. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.216

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34–49.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. 3 (1), 69–80.

Mila, S. nidaul, Supangat, & Taufiq Yuliantoro, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MI Nu Setia Mukti Kurungan Nyawa II. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(1), 32–41. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.1801

Nugraha, M. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Putu Ayu Windha Krismayoni, N. K. S. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Puri.

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Tistawati, N. K. (2022). Supervisi yang Berkesinambungan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran. Journal of Education Action Research, 6(1), 80. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44467


Refbacks

  • There are currently no refbacks.