Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran ipa siswa kelas IV sd

Rofiqi Hendra Yuda Pratama, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Berdasarakan dari rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui apakah model Project Based Learning lebih efektif digunakan dari pada model konvensional ditinjau dari kemapuan literasi sains siswa kelas IV”. Penelitian ini yang digunakan adalah model kuantitatif dengan quasi eksperimen. Hasil Terdapat pengaruh yang signifikan 0,107 penggunaan metode Project Based Learning terhadap literasi sains pada mata pelajaran ipa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian serta rumusan masalah bisa disimpulkan bahwa model Project Based Learning lebih efektif dari pada model pembelajaran ceramah hal ini ditinjau dari kemampuan literasi sains siswa. Siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.


Keywords


Project based learning; kemampuan literasi; pelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Ekawati, N., Dantes, N., & Marhaeni, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Terhadap Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51.

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 332–337.

Meta-analisis, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 2173–2181.

Nurjanah, N., Cahyana, U., & Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51–58. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3161

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408

Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319


Refbacks

  • There are currently no refbacks.