Pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada pembelajaran tematik untuk peserta didik kelas V sekolah dasar

Taqiyyah Arifah Rajab, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Ular Tangga berbasis digital pada pembelajaran tematik untuk peserta didik kelas V Sekolah dasar diawali dengan tahap analisis. Berlandaskan pada tahapan analisis dinyatakan bahwa terdapat permasalahan yaitu dominasi metode ceramah dan jarangnya media digunakan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh karenanya diperlukan pengembangan media yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran untuk mengurangi dominannya metode ceramah. Terdapat suatu tujuan dalam penelitian pengembangan yaitu untuk menciptakan produk berupa media pembelajaran Ular Tangga berbasisi digital pada pembelajaran tematik untuk kelas V Sekolah Dasar yang teruji kelayakannya dari para ahli dan mendapatkan respon yang baik melalui angket respon guru dan peserta didik. Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development,Implementation,Evaluation) oleh Branch (2009) dipilih sebagai model untuk penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil validasi gabungan dari ahli media, materi, dan bahasa memperoleh keseluruhan skor sebesar 83,4% dengan kriteria “Sangat valid, layak digunakan”. Sedangkan hasil implementasi terhadap peserta didik memperoleh skor 94,2% dengan kriteria “Sangat layak/Sangat baik” dan untuk hasil respon guru memperoleh skor 94,2% dengan kriteria “Sangat layak/Sangat baik”. Sehingga media pembelajaran Ular Tangga berbasis digital pada pembelajaran tematik untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Ular Tangga, Pengembangan, ADDIE, Pembelajaran tematik, Media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adianti, Titin Nur, and Moh Irawan &. Hamdian Affandi Zain. 2021. “Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 (Studi Kasus Di SD Negeri 1 Taman Ayu).” PENDAS: Primary Education Journal 2(2):148.

Akbar, P. D. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Anggraeni, Nur Oktavia, Yunus Abidin, and Yona Wahyuningsih. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 8:22–35.

Anggraini, Meina Candra, and Firosalia Kristin. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(10):4207–13. doi: 10.54371/jiip.v5i10.1015.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (1st ed.). Springer Science & Business Media. https://doi.org/DOI 10.1007/978-0-387- 09506-6

Hidayat, F., & Nizar, M. 2021. "Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam". Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 28-37.

Prasasti, P. A., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0 untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 66-73.

Prasasti, P. A., & Listiani, I. (2019). Guided Experiments Book Based on SETS (Science, Environment, Technology, and Society) to Empower Science Literacy for Elementary School Students. IOP Conf. Series : Journal of Physics: Conf. Series, 1-7.

Rahmasiwi, D. S., Dewi, C., & Prasasti, P. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 52-60.

Prastyo, I. S., & Hartono, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran dengan adobe animate cc pada materi gerak parabola. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 25-35.

Riduwan. (2020). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rizky, Tania Linda, and Heru Purnomo. 2021. “Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Pendahuluan Secara Umum Minat Siswa Dalam Pembelajaran Sangat Penting Untuk Diperhatikan . Minat Yang Ada Dalam Diri.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 7(2):118–26.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Tunjungsari, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasisis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 238-252.

Syaikhu, Arif Achmad, Yuniar Ika Putri Pranyata, and Trija Fayeldi. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Electronic Snake and Ladder Pada Game-Based Learning.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 5(1):14–30. doi: 10.30762/f_m.v5i1.629.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Wahidah, Alfionita Nurul, Maya Kartika &. Sari, and Ivayuni Listiani. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Sekarputih 1.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2:240–44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.