Efektivitas pembelajaran pendidikan pancasila dengan model pembelajaran tebak kata ditinjau dari motivasi belajar siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Tebak Kata terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila ditinjau dari motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental kuasi. Sampel penelitian ini berjumlah 49 siswa kelas IV SDN 04 Madiun Lor dengan kelas eksperimen sejumlah 25 siswa dan kelas kontrol sejumlah 24 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan pretest, posttest, dan angket motivasi belajar guna mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar siswa dari kedua kelas. Berdasarkan tingkatan motivasi, pada kelas eskperimen memperoleh mean posttest 77,2 sedangkan kelas kontrol 56,875. Hasil analisis Anova Dua Jalan Sel Tak Sama untuk kelas eksperimen 36,742 > 4,07 dan kelas kontrol 42,629 > 3,21. Berdasarkan hasil tersebut H0 ditolak. Kesimpulannya model pembelajaran Tebak Kata efektif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin dan Linda Yurikei Susan Sumeindap. 2022. 164 Modeil Peimbeilajaran Konteimporeir. Pusat Peineirbitan LPPM: Beikasi
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304.
Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. "Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa." Jurnal Peindidikan Manajemen Perkantoran 4.1 (2019): 80-86.
Feirianti, Feira, and Amir Hamzah. "Modeil Peimbeilajaran Coopeirativei Leiarning Tipei Teibak Kata Teirhadap Hasil Beilajar Siswa Mata Peilajaran Bahasa Arab di MIN Keimu OKU Seilatan." JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 3.2 (2017): 134-143.
Filgona, Jacob, et al. "Motivation in learning." Asian Journal of Education and social studies 10.4 (2020): 16-37.
Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 191-198.
Majid, Abdul. 2017. Strateigi Peimbeilajaran, PT Reimaja Rosdakarya: Bandung.
Mukhlas, Muhammad Hanif. "Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” Siswa Kelas IV." Mimbar Ilmu 23.3 (2018): 200-207.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Modeil Peimbeilajaran Speiktakuleir, Ar-Ruzz Meidia: Jogjakarta
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Suyanti, E. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII. INSPIRASI: JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL, 15(2).
Syamsiyah, N., & Wedyawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas V. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 30-41.
Tanjung, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Refbacks
- There are currently no refbacks.