Penerapan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA di SD

Yola Fernanda Aditya, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pelajaran yang sangat diperlukan untuk anak usia sekolah dasar. Kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hal ini dibuktikan pada nilai Ujian Akhir Semester sebagian siswa yang masih belum mencapai Standar Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sekolah pada pembelajaran tematik muatan IPA melalui model pembelajaran berbasis problem based learning. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode literatur dengan menganalisis beberapa jurnal terdahulu yang berkaitan dengan judul yang diambil. Data yang digunakan pada artikel ini yaitu hasil belajar dari penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning yang dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh Safrida & Kistian (2020), Walfajri & Harjono (2019), Rahmasari (2016), Maqbullah (2018) dan Novi (2021). Hasil belajar siswa dari beberapa penelitian menunjukkan peningkatan yang spesifik dengan hasil tertinggi dicapai oleh penelitian Rahmasari (2016) dengan presentase sebesar 95,83%.


Keywords


IPA; Problem Based Learning; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, & H, N. (2019). HaryantoAtmowardoyo Dr. NurhikmahH.S.Pd., M.Pd.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353.

Khasanah, F., Utami, R. D., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98-107.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 106–112.

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.

Novi, K., Lepini, P., Made Suarjana, I., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 278–286.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115.

Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65.

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241.

Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan Ipa Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.