Efektivitas Model Problem Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar siswa dituntut penemuan kembali ketika penyelesaian permasalahan. Efektivitas dalam kegiatan pembelajaran bergantung pada ketepatan memilih strategi, model maupun metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Metode yang digunakan Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent design. Penelitian ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata lebih rendah dari kelas eksperimen. Sedangkan hasil pretest dan posttest kelas eksperimen mendapatkan rata –rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan uji-T dengan perolehan nilai sig (0,337) > (0,05), maka H1 diterima dan H di tolak. maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
fsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Fauzia, H. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/924
Hidayati, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 24–35. https://doi.org/10.31849/jurkim.v2i1.9204
Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553
Setiyawan, hery. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD. inovasi, Mi, 5–24.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Utami, N. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Berfikir Kritis Siswa Kelas 4 Sd. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4423
Refbacks
- There are currently no refbacks.