Efektivitas Media Travel Game terhadap Kemampuan Menghitung pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Hendri Yogi Alamsyah, Fida Rahmantika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis media pembelajaran Travel Game terhadap kemampuan menghitung peserta didik sekolah dasar. Media Travel Game ini menggunakan dadu dan kartu soal. Dadu berisi pertanyaan berdasarkan pertanyaan jenis karakter tunggal, sedangkan kartu pertanyaan berisi pertanyaan yang sifatnya lebih luas, tergantung materi yang diberikan. Untuk memudahkan peserta didik bermain guru menyiapkan lembar jawaban untuk setiap pertanyaan pada dadu dan kartu. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan proses analisis data yang memiliki tiga komponen utama, dimulai dari pengumpulan data dengan langkah-langkah (1) reduksi data, yaitu proses penyederhanaan atau pemilihan data sesuai kebutuhan peneliti, (2) penyajian data merupakan proses deskriptif naratif, yang tujuannya agar hasil penelitian lebih mudah dipahami, (3) menarik kesimpulan atau mengecek, menghapus dan memeriksa bahan penelitian. Diimplementasikan sedemikian rupa sehingga informasi yang diperoleh sederhana dan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian ini ialah kemampuan menghitung peserta didik meningkat dengan penggunaan media Travel Game pada pembelajaran matematika. Media Travel Game mengutamakan ketepatan dan kecepatan berhitung, peserta didik harus berlomba mengumpulkan poin dan memenangkan permainan, maka peserta didik terbiasa menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat.

Keywords


Analisis; Media Travel Game; Kemampuan Menghitung; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12.

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311-2321.

Dani, S. R., Subhan, M., & Hader, A. E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA TRAVEL GAME PADA PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 219-225.

Fitri, R., & Ira, R. J. (2021). Pengembangan Media Travel game pada Pembelajaran Matematika Materi Pembagian dan Penjumlahan Bilangan Pecahan pada Peserta didik Kelas V SD Negeri 27 Sungai Nanam (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BUNG HATTA).

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi game matematika dalam meningkatkan kemampuan menghitung matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 129-141.

Indrawati, D., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Media Travel game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 135-146.

Indriani, P., Frima, A., & Kusnanto, R. A. B. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA TRAVEL GAME BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 04 LUBUKLINGGAU. LJESE: Linggau Journal of elementary school education, 1(2), 51-60.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.

Muhtarom, T. (2021). TRAVEL GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 4(1), 65-72.

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 7 (2).

Rohmah, F. (2016). Analisis kesiapan sekolah terhadap penerapan pembelajaran online (e-learning) di SMA Negeri 1 Kutowinangun. E-JPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika), 5(4).

Subekti, IM, & Muchtarom, M. (2017). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet Melalui Pemanfaatan Smartphone Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) Di Sma Negeri 1 Kartasura. Pendidik , 2 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.