Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipas dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Karangmojo

Taufiq Qurrohman, Purwandari Purwandari, Endang Hariyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN Karangmojo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil nilai mata pelajaran IPAS pada pra siklus ialah dari 15 siswa sebanyak 6 siswa masih memiliki nilai <65 atau 40,90%, dan 9 siswa atau 59,09% memiliki nilai ≥ 65. Setelah siklus 1 hasil nilai mata pelajaran IPAS meningkat menjadi 15 siswa atau 90,90% yang memiliki nilai ≥65dan hanya dua siswa saja atau 9,09% yang memiliki nilai <65.


Keywords


Problem Based Learning, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Full Text:

PDF

References


Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963-6972.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Majid, I. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa kelas V SD Tunas Barito Sidangoli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Konsep Perubahan Sifat. EDUKASI-Jurnal Pendidikan. 13 (1):193.

Mardiah, E., Hamdani, A., & Komaro, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal Of Mechanical Engineering Education. Https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V3i1.3193

Nisa, A. K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta

Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Dunia Pendidikan. Chronologia. Https://Doi.Org/10.22236/Jhe.V3i2.7242

Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan fisika, 2(1), 42-49.

Rafiq, N. A., & Muhammad Agus Wardani, M. A.(2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(Ips). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.29062/Dirasah.V3i2.129

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(2), 93-99.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3d V2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.690


Refbacks

  • There are currently no refbacks.