Efektivitas Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN 02 Manisrejo

Oktavia Rachmawati, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran brain based learning dalam kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V di SDN 02 Manisrejo. Selanjutnya siswa akan diberikan sebuah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang dihasilkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif, data tersebut berasal dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dokumen dan arsip dalam penelitian ini yang digunakan adalah rencana pelakasanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian efektivitas model pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN 02 Manisrejo, siswa lebih aktif, bersemangat dan senang saat proses pembelajaran berlangsung.

Keywords


Model Brain Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Digital

Full Text:

PDF

References


Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 77–88.

Ummah, M. K., & Hamna. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 135–148.

Uyun, S. N., & Fuat, F. (2020). Kemampuan Disposisi Berfikir Kritis Siswa Yang Berkategori Rendah Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 58.

Wahidah, U., & , Sri Ayem, Titisa Ballerina, Sri Mujiyanti, Aghape Christian Abinowo, Atik Hermawati, Y. O. P. (2022). Analisis Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus Kalurahan Bangunjiwo Kasihan Bantul). Journal of Management & Business, 5(2), 637–648.

Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–872.

Wahyuningsih, B. Y., & Sunni, M. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Palapa, 8(2), 351–368.

Widodo, H. (2019). Pendekatan Brain Based Learning Sebagai Basis Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1).

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77.

Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Moga. 4(1), 16–27.

Yuniarti, Syamsiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, Pontianak, 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.