Media pembelajaran flipbook berbasis digital untuk keterampilan menulis narasi siswa kelas v sdn temenggungan 1

Destyra Niaga Maha Ayu, Heny Kusuma Widyaningrum, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengukur kelayakan sebuah media pembelajaran flipbook berbasis digital untuk keterampilan menulis narasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Temenggungan 1. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran flipbook berbasis digital. Tahapan pada penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba pemakaian, dan (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Temenggungan 1 Tahun Ajaran 2022-2023, dengan sampel siswa kelas V. Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran flipbook berbasis digital, dengan persentase kelayakan dari (1) penilaian dari ahli materi mencapai 72,52% dengan kategori “layak”, (2) penilaian dari ahli media mencapai 66,3% dengan kategori “layak”, dan (3) penilaian dari guru mencapai 86,3% dengan kategori sangat menarik. Kesimpulan: Media Pembelajaran Flipbook berbasis digital yang telah dikembangkan ini layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran narasi di SDN Temenggungan 1.

Keywords


Flipbook berbasis digital; keterampilan menulis; narasi

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245

Andersen, S. C., Christensen, M. V., Nielsen, H. S., Thomsen, M. K., Østerbye, T., & Rowe, M. L. (2018). How reading and writing support each other across a school year in primary school children. Contemporary Educational Psychology, 55, 129–138. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.09.005

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Fisika, IV, 49–52. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/

Maudi, M. F., Nugraha, A. L., & Sasmito, B. (2014). Desain Aplikasi Sistem Informasi Pelanggan PDAM Berbasis WebGIS (Studi Kasus: Kota Demak). Jurnal Geodesi Undip, 3(3), 98–110.

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Development of Flash Flipbook Media to Improve Students’ Creative Thinking Skills in Science Learning in Middle School. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301–301.

Nunu Mahnun. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2013). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769–2775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.970

P.B., S. N., Andeas, A., & Nugroho, J. A. (2021). Pengembangan “Jurnal Proses Desain” sebagai Media Pembelajaran Perancangan Desain. Jurnal Desain, 9(1), 131. https://doi.org/10.30998/jd.v9i1.10690

Pramonos, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Ekp, 13(September), 151–170.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Pengaruh Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Kompetensi, 2, 127–144. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran FlipBook pada Materi Gerak Benda di SMP 1. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.

Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2020). Kelayakan Flipbook Digital sebagai Media Pembelajaran pada Mater Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/42466

Sari, M. P., Imelda Helsy, M. P., Riri Aisyah, M. P., & Ferli Septi Irwansyah, M. S. (2019). Modul Media Pembelajaran. 1–23.

Septiasari, E. A., & Sumaryanti, S. (2022). Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpok.v3i1.18003

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wardani, D. K., Qomariah, U. K. N., & ... (2021). Penerapan Aplikasi Tilawati Mobile Berbasis Flipbook Untuk Standarisasi Guru Tpq Desa Pesantren Jombang. Prosiding Seminar …, 1(c), 91–96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.