Upaya Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN Banjarsari Wetan 02 Kab. Madiun

Ima Rahmawati, Pinkan Amita Tri Prasasti, Khomisah Rohmatin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas 3 SDN Banjarsari Wetan 2 dengan menerapkan media audio visual. Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menciptakan suasana belajar yang menarik. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Namun kenyataannya, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi lambang/ simbol rambu lalu lintas masih banyak siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Berdasarkan hasil dari tes prasiklus diperoleh data bahwa siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu hanya 14% atau 1 siswa dari 7 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa Kelas 3 di SDN Banjarsari Wetan 2 masih rendah. Oleh sebab itu untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan subyek penelitian yaitu siswa kelas 3 SDN Banjarsari Wetan 2. Adapun data yang diperoleh setiap siklus yaitu siklus 1 diperoleh hasil ketuntasan belajar 71% dan siklus 2 menunjukkan hasil ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa upaya penerapan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Keywords


Audio Visual, Bahasa Indonesia, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 201--208.

Dr. Vladimir, V. F. (1967). Jenis Jenis Media Audio Visual. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Ii, B. A. B., & Belajar, P. P. (2006). No Title. 13–49.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Rahmadi Islam. (2018). http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Susanti, S. (2012). Bahas sebagai alat komunikasi. Jurnal Bahasa Indonesia, 1(1), 45–53.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wiyono, T., Gani, S., & Sofah, R. (2017). Studi Kasus Prestasi Belajar Rendah Siswa “NH” di Madrasah Aliyah Negeri Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir. Konseling Komprahensif, 4(2), 28–37. https://ejournal.unsri.ac.id

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 201--208.

Dr. Vladimir, V. F. (1967). Jenis Jenis Media Audio Visual. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Ii, B. A. B., & Belajar, P. P. (2006). No Title. 13–49.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Rahmadi Islam. (2018). http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Susanti, S. (2012). Bahas sebagai alat komunikasi. Jurnal Bahasa Indonesia, 1(1), 45–53.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wiyono, T., Gani, S., & Sofah, R. (2017). Studi Kasus Prestasi Belajar Rendah Siswa “NH” di Madrasah Aliyah Negeri Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir. Konseling Komprahensif, 4(2), 28–37. https://ejournal.unsri.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.