Pengembangan LKPD melalui liveworksheets pada pembelajaran tematik kelas V SDN Sidomulyo 1

Naurah Qurratul Hamidah, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penggunaan LKPD cetak yang tersedia di buku siswa membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang menarik dan monoton. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pengembangan LKPD melalui liveworksheets guna dijadikan solusi dan dapat menunjang proses kegiatan pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui proses pengembangan LKPD melalui liveworksheets pada pembelajaran tematik kelas V SDN Sidomulyo dan mengetahui kelayakan LKPD melalui liveworksheets pada pembelajaran tematik kelas V SDN Sidomulyo. Menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sidmulyo yang berjumlah 21 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kelayakan produk dinilai dari hasil validasi ahli materi diperoleh 75% dengan kriteria layak, hasil validasi ahli media diperoleh 78% dengan kriteria layak, hasil respon guru diperoleh 96% dengan kriteri sangat sangat layak dan respon siswa diperoleh 85% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa LKPD melalui liveworksheets pada pembelajaran tematik kelas V SDN Sidomulyo layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


LKPD, Liveworksheets, Pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Amalia, I. N. F., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Model ADDIE. Education and Development, 9(4), 426–432.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483.

Hurrahma, M., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbasis Liveworksheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.24036/sikola.v4i1.193

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295

Syahputri, T. V., & Kunci, K. (2023). Optimalisasi Canva dalam Pembuatan LKPD Berorientasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 140–148.

Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Ppm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319

Wahyuni, C., & Amini, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Live Worksheets Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 4055–4065.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.