Analisis Model Cased Based Learning (CBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar

Fiorennica Agustin, Dian Nur Antika Eky Hastuti, Maya Kartika Sari

Abstract


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti, didasarkan oleh kurang maksimalnya siswa dalam mengikuti kegiatan pendidikan karena variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang beragam sehingga ketika guru menyampaikan materi siswa kurang paham, disamping itu siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin memberi solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model case based learning pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode  Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized control group only design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V A berjumlah 20 siswa dan kelas V B berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrument uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel maka H1 diterima. Berdasarkan hasil uji t maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model case based learning pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar.

Keywords


Case Based Learning; Tematik; Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, C., Amita, P., Prasasti, T., Yullistianasari, I., Sd, P. P. G., Pgri, U., & Bader, S. D. N. (2023). 8321-Article Text-33714-1-10-20230608. 08.

Arpah, S., & Rarastika, N. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Case Based Learning pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(3), 260–269. https://doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.25835

Holden Simbolon, D. (2022). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 181–184.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 785. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12527

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid, Praktis, dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951

Puspita, D., & Dwikoranto, D. (2020). Validitas Perangkat Model Pembelajaran Case Based Learning Untuk Melatihkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 543–550. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p543-550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.