Analisis Pendekatan TPACK (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Materi IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Kukuh Khoiruddin Hamzah, Dian Nur Antika Eky Hastuti Hastuti, Maya Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan TPACK dalam materi IPAS kelas IV sekolah dasar. Penelitian kuantitatif eksperimental digunakan dalam jenis penelitian ini. Pendekatan Quasi Eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa, sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Soal yang diberikan untuk membandingkan kelas control dan eksperimen berjumlah 30 soal pilihan ganda. Untuk kelas control tidak diberikan perlakuan menggunakan pendekatan TPACK pada materi IPAS, sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan TPACK pada materi IPAS random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data meliputi pretest, posttest, dan dokumentasi.. Dari analisi data yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa thitung= 4,459 dan ttabel = 1,674 Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan TPACK dalam materi IPAS Kelas IV sekolah dasar.


Keywords


TPACK, IPAS, SEKOLAH DASAR.

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu , 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Fitria, Y. (2022). Pembelajaran Yang Melejitkan Kecakapan Abad 21 Untuk Level Pendidikan Dasar Di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, November, 367–387. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1083

Hanik, E. U. . dkk. 2022. (2022). “Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital”. Journal of Educational Integration and Development, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 15-27). 2(1), 15–27.

Kuliawati, I., Aurel, A., Alfira, A., & Ike, C. (2021). Upaya Penggunaan Pendekatan TPACK Pada Siswa SDN Duri Kepa 05 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Iilmu Pendidikan, 235–244.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Triwahyudi, S., Sutrisno, & Yusnaidar. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Kimia SMA. Chempublish Journal, 6(1), 46–53.

Wati, T. N., & Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar. National Conference for Ummah (Ncu), 1(1), 1–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.