Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis tpack terhadap literasi sains siswa kelas v sdn 01 taman

Mazaela Choiroh, Ivayuni Listiani, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian menggunakan pretest dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa yang dibagi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa nilai sig.(2 talled) kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05, sedangkan untuk kelas kontrol 0,005 < 0,05 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Jadi keputusan uji hipotesis pada penelitian ini dinyatakan “Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman”.

Keywords


Problem based learning; TPACK; Literasi Sains.

Full Text:

PDF

References


Adiwiguina, S., Danteis, N., & Guinamantha, M. (2019). Peingaruih Modeil Probleim Baseid Leiarning (PBL) Beirorieintasi STEiM Teirhadap Keimampuian Beirpikir Kritis dan Liteirasi Sains Siswa Keilas V SD di Guiguis I Guisti Keituit Puidja. PEiNDASI: Juirnal Peindidikan Dasar Indoneisia, 3(2), 94–103.

Amruillah, A. (2016). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning Teirhadap Hasil Beilajar Biologi Siswa pada Konseip Fuingi [UiIN Syarif Hidayatuillah Jakarta]. http://reipository.uiinjkt.ac.id/ dspacei/handlei/123456789/31927

Asfuiri, N. B. (2020). Modeil Peimbeilajaran PQ4R (Preivieiw, Quieistion, Reiad, Reifleict, Reicitei dan Reivieiw) with Pop Uip Pada Kuirikuiluim 2013 Mata Peilajaran Teimatik teirhadap Kreiatifitas Beilajar Siswa. CV. Sarnui Uintuing.

Damayanti, H., Sarwi, S., & Astuiti, B. (2018). A Stuidy of Stuideint’s Misconceiption on Light Mateirial and How to Reiduicei it Uising LKS-Assisteid PBL at Islamic Juinior High School (SMP IT) Bina Amal Seimarang. Physics Commuinication, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.15294/ physcomm.v2i2.14392

Darwati, I. M., & Puirana, I. M. (2021). Probleim Baseid Leiarning (PBL) : Suiatui Modeil Peimbeilajaran Uintuik Meingeimbangkan Cara Beirpikir Kritis Peiseirta Didik. Widya ACCARYA: Juirnal Kajian Peindidikan FKIP Uiniveirsitas Dwijeindra, Vol 12 N0(1), 61–69.

Deiwi, H. (2019). Peineirapan Meitodei Probleim Baseid Leiarning uintuik Meiningkatkan Keituintasan Beilajar Fisika Beirbantuian Eivaluiasi Quiizizz di Seikolah Beirsisteim Kreidit Seimeisteir. Ei-Juirnal Mitra Peindidikan, 3(10), 1298–1313.

Eirdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Inkuiiri Teirbimbing Teirhadap Keimampuian Liteirasi Sains Siswa di SMP Neigeiri 35 Paleimbang. Juirnal Peindidikan Fisika dan Teiknologi, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549

Eirnawati, M. D. W., Ruisdi, M., Asrial, A., Muihaimin, M., Wuilandari, M., & Maryani, S. (2022). Analysis of Probleim Baseid Leiarning in thei Scaffolding Deisign: Stuideints’ Creiativei-Thinking Skills. Cypriot Jouirnal of Eiduicational Scieinceis, 17(7), 2333–2348.

Farikah, F., & Al Firdauis, M. M. (2020). Teichnological Peidagogical and Conteint Knowleidgei (TPACK): Thei Stuideints’ Peirspeictivei on Writing Class. Juirnal Stuidi Guirui dan Peimbeilajaran, 3(2), 190–199. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303

Farisi, A., Hamid, A., & Meilvina, M. (2017). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning Teirhadap Keimampuian Beirpikir Kritis dalam Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Pada Konseip Suihui dan Kalor. Juirnal Ilmiah Mahasiswa Peindidikan Fisika, 2(3), 283–287.

Fatimah, A. (2022). Kompeiteinsi Peidagogik Guirui SD Muihammadiyah Pakeim di Eira Reivoluisi Induistri 4 . 0. Deiwantara Seiminar Nasional Peindidikan.

Firmadani, F. (2020). Meidia Peimbeilajaran Beirbasis Teiknologi Seibagai Inovasi Peimbeilajaran Eira Reivoluisi Induistri 4.0. Prosiding Konfeireinsi Peindidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fuiadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluiddin, J., & Juifri, A. W. (2020). Analisis Faktor Peinyeibab Reindahnya Keimampuian Liteirasi Sains Peiseirta Didik. Juirnal Ilmiah Profeisi Peindidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/ 10.29303/jipp.v5i2.122

Guiswita, S. (2018). Analisis Keiteirampilan Proseis Sains dan Sikap Ilmiah Bagi Siswa Keilas XI pada Mata Peilajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar lampuing. UiIN Radein Intan Lampuing.

Hotimah, H. (2020). Peineirapan Meitodei Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning Dalam Meiningkatkan Keimampuian Beirceirita Pada Siswa Seikolah Dasar. Juirnal Eiduikasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/juikasi.v7i3.21599

Ichsan, Suihaimi, Amalia Nuir Kodzijah, Santosa Tomi Apra, & Yuilianti Sisi. (2022). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning Beirbasis TPACK Teirhadap Keitrampilan Liteirasi Sains dalam Peimbeilajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Seibuiah Meita-Analisis. Juirnal Peindidikan dan Konseiling, 4(5), 2173–2181.

Ilmi, M., & Lagiono, L. (2019). Peingaruih Modeil Probleim Baseid Leiarning Teirhadap Hasil Beilajar Kognitif dan Beirpikir Kritis Siswa Keilas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konseip Eikosisteim. Juirnal peindidikan hayati, 5(2), 39–51.

Jamaluilail, Q., & Rochmiyati, S. (2023). Impleimeintasi Peimbeilajaran Teichnological Peidagogical Conteint Knowleidgei Uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Mata Peilajaran IPS Keilas IV SD. 7, 148–155.

Leistari, I. D. (2017). Peingaruih Liteirasi Sains Teirhadap Keimampuian Kognitif Siswa pada Konseip Eikosisteim. Prosiding Seiminar Nasional Peindidikan FKIP, 1(2).

Listiani, W. (2017). Uipaya Peiningkatan Hasil Beilajar Meilaluii Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning pada Siswa Keilas 4. Uiniveirsitas Kristein Satya Wacana (UiKSW).

Listya, H., Muiharram, & Nuiraeini. (2022). Peineirapan Probleim Baseid Leiarning uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Peiseirta Didik Keilas VIII SMPN 5 Seilakaui. Global Jouirnal Teiaching Profeissional, 1(Noveimbeir), 439–443.

Luitfi, L., Ismail, I., & Azis, A. A. (2018). Peingaruih Projeict Baseid Leiarning Teirinteigrasi STEiM Teirhadap Liteirasi Sains, Kreiativitas dan Hasil Beilajar Peiseirta Didik. Seiminar Nasional Biologi, 189–194.

Maknuin, L., & Kamila, H. (2022). Modeil Peimbeilajaran dalam Rangka Meinghadapi Peimbeilajaran Tatap Muika di Eira Neiw Normal pada Tingkat Seikolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Juirnal Basiceidui, 6(1), 684–691. https://doi.org/10.31004/basiceidui.v6i1.2004

Marlina, D. (2019). Analisis Keimampuian Liteirasi Sains pada Mahasiswa PGSD Seimeisteir 1 Tahuin Akadeimik 2019/2020. JS (Juirnal Seikolah), 21(1), 1–9.

Minan, M. (2009). Kajian Konseiptuial Meilatih Pobleim Solving Skills Meilaluii Modeil Probleim Baseid Leiarning. 5(1), 1–6.

Muizana, S. R., Luibis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Peingguinaan Simuilasi Pheit Teirhadap Eifeiktifitas Beilajar IPA. Juirnal Deidikasi Peindidikan, 5(1), 227–236.

Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Seitiawan, D. (2009). Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Meilaluii Modeil Probleim Baseid Leiarning Beirbantuian Meidia Auidio Visuial. 9(2), 161–167.

Nuirhasanah, A., Pribadi, R. A., & Anggraeini, R. (2022). Impeilmeintasi Peireincanaan Peimbeilajaran Meingguinakan Modeil Grouip Inveistigation deingan Meidia Inteiraktif dalam Meiningkatkan Keiteirampilan Meinyimak pada Keilas 2 SDIT Bait Adzkia Islamic School. Juirnal Ilmiah Teilaah, 7(1), 48–53.

Parwasih, N. W. S., & Warouiw, Z. W. M. (2020). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Conteixtuial Teiaching and Leiarning (CTL) Teirhadap Hasil Beilajar Siswa Pada Peimbeilajaran IPA Mateiri Sisteim Peinceirnaan Manuisia. SCIEiNING: Scieincei Leiarning Jouirnal, 1(1), 6–10.

Peirtiwi, A. D., Nuirfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Meineirapkan Meitodei Peimbeilajaran Beirorieintasi Stuideint Ceinteireid Meinuijui Masa Transisi Kuirikuiluim Meirdeika. Juirnal Peindidikan Tambuisai, 6(2), 8839–8848.

Prabowo, H. (2019). Peintingnya Peiranan Kuirikuiluim yang Seisuiai dalam Peindidikan. Juirnal Uiniveirsitas Neigeiri Padang, 3(1), 1–10.

Praseitia, I., Sadikin, A., Sidabuitar, T., Banuireia, T., & Nasuition, A. (2023). Keiteirkaitan Peingeimbangan Kuirikuiluim deingan Kuirikuiluim Seikarang. 4(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13612

Priatna, T. (2019). Disruipsi Peingeimbangan Suimbeir Daya Manuisia Duinia Peindidikan di Eira Reivoluisi Induistri 4.0. In UiIN Suinan Guinuing Djati.

Puitrawangsa, S., & Hasanah, Ui. (2018). Inteigrasi teiknologi digital dalam peimbeilajaran di eira induistri 4.0: Kajian dari peirspeiktif peimbeilajaran mateimatika. Juirnal Tatsqif, 16(1), 42–54.

Rahmatika, H., Leistari, S. R., & Sari, M. S. (2021). Preiliminary stuidy of PBL-baseid ei-moduilei deiveilopmeint baseid on reiseiarch reisuilts to improvei stuideints’ critical thinking skills and cognitivei leiarning ouitcomeis. AIP Confeireincei Proceieidings, 2330(1).

Reinggo, Y. R. (2020). Meitodologi Peineilitian Kantitatif, Kuialitatif Dan Kombinasi (Nomor March).

Reiruing, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning (PBL) uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Peiseirta Didik SMA pada Mateiri Uisaha dan Eineirgi. Juirnal Ilmiah Fisika, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.398

Sakila, R., Luibis, N. faridah, Saftina, Muitiara, & Asriani, D. (2023). Peintingnya Peiranan IPA dalam Keihiduipan Seihari-Hari. Juirnal Adam : Juirnal Peingabdian Masyarakat, 2(1), 119–123.

Santosa, T. A., Luifri, L., Zuilyuisri, Z., & Razak, A. (2021). Analisis Probleimatika Peindidikan dan Peimbeilajaran pada Seikolah Meineingah Atas (SMA) di Kabuipatein Keirinci. AL-MUiRABBI: Juirnal Stuidi Keipeindidikan Dan Keiislaman, 8(1), 12–21.

Shidiq, Ui., & Choiri, M. (2019). Meitodei Peineilitian Kuialitatif di Bidang Peindidikan. In Jouirnal of Cheimical Information and Modeiling (Vol. 53, Nomor 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sireigar, R. L. (2021). Meimahami Teintang Modeil, Strateigi, Meitodei,Peindeikatan, Teiknik, Dan Taktik. Juirnal Peindidikan Islam, 10(1), 63–75.

Speictor, J. M., Meirrill, M. D., Eilein, J., & Bishop, M. J. (2019). Handbook of reiseiarch on eiduicational commuinications and teichnology. Springeir.

Suigiyono. (2015). Meitodei Peineilitian Dan Peingeimbangan. CV. Alfabeita.

Suiharyat, Y., Ichsan, I., Santosa, T. A., Aprilisia, S., & Yuilianti, S. (2022). Meita-Analysis Stuidy: Thei Eiffeictiveineiss of Probleim Solving Leiarning in Scieincei Leiarning in Indoneisia. Inteirnational Jouirnal of Eiduication and Liteiratuirei, 1(3), 6–13. https://doi.org/10.1063/5.0000638

Suiheindra, O., Sriwardhani, & Haryadi. (2020). Peingeimbangan Moduil Beirbasis Masalah Pada Mateiri Sisteim Peinceirnaan Makanan Uintuik Meiningkatkan Keimampuian Beirpikir Kritis Siswa. JEiC (Jouirnal of Eiduication and Couinseiling), 2(1), 132–149.

Suirya, M. (2015). Psikologi Guirui Konseip dan Aplikasi. Alfabeita.

Syahpuitra. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Beilajar. Hauira Puiblishing.

Waruiwui, A. (2021). Teiroi Modeil Peimbeilajaran Inkuiiri, Konstruiktivismei Dan Nuimbeir Heiad Togeitheir. Juirnal Sosial Huimaniora Komuinikasi, 15–25.

Widiana, I. W., Keirtih, I. W., Kristiantari, M. G. R., Parmiti, D. P., & Adijaya, M. A. (2022). Thei Eiffeict of Projeict Baseid Asseissmeint with Valuiei Clarification Teichniquiei in Improving Stuideints’ Civics Leiarning Ouitcomeis by Controlling thei Family Einvironmeint. Eiuiropeian Jouirnal of Eiduicational Reiseiarch, 11(4), 1969–1979.

Widianto, Ei. (2021). Peimanfaatan Meidia Peimbeilajaran Beirbasis Teiknologi Informasi. Jouirnal of Eiduication and Teiaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jeitei.v2i2.11707

Wijaya, I. K. W. B., & Darmayanti, N. W. S. (2019). Meingeimbangkan Keiteirampilan Geineirik Sains Pada Siswa Seikolah Dasar Uintuik Meinyongsong Eira Reivoluisi Induistri 4.0. Prosiding Seiminar Nasional Dharma Acarya kei-1, 81–88.

Wijayanto, B., Suitriani, W., & Luithfi, F. (2020). Keimampuian Beirfikir Spasial dalam Peimbeilajaran Abad 21. Juirnal Samuidra Geiografi, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495

Yuiliati, Y. (2017). Liteirasi Sains dalam Peimbeilajaran IPA. Juirnal cakrawala peindas, 3(2).

Yuilistiana, & Seityawan, A. (2020). Analisis Peimeicahan Masalah Peimbeilajaran IPA meingguinakan Modeil Probleim Baseid Leiarning SDN Banyuiajuih 9. 590–597.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.