Pengembangan Media E-Book Interaktif Berbasis Budaya Lokal Ponorogo Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Retno Qurota Ayunin, Endang Sri Maruti, Nur Samsiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-book interaktif berbasis budaya lokal ponorogo dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas v sekolah dasar. Metode penelitian yakni R&D  (Research  and  Development), dengan model ADDIE yang digunakan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas v sekolah dasar di SD Negeri 1 Cepoko. Hasil penelitian menunjukkan 1) Media yang dikembangkan berupa e-book interaktif berbasis budaya lokal ponorogo dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas v sekolah dasar. 2) Media yang dikembangkan mendapatkan rata-rata hasil validasi kelayakan dari ahli validasi 89,2% dan validasi dari guru 94%, dan kepraktisan hasil angket respon siswa 97%, ini menunjukkan bahwa hasil produk pengembangan media e-book interaktif berbasis budaya lokal ponorogo untuk siswa kelas v sekolah dasar dinyatakan “sangat layak” digunakan dalam menunjang pembelajaran.


Keywords


Pengembangan; Media E-Book; Budaya Lokal Ponorogo; Pembelajaran Tematik.

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.

Andikaningrum, L., Damayanti, W., & Dewi, C. (2014). Efektivitas E-Book Berbasis Multimedia Menggunakan Flip Book Maker sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Kristen Satya Wacana Salatiga) (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).2-19.

Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851-859.

Idha, A., Aminah, A., Diah, H., Laila, S., Indrastuti, Y., & Darmadi, D. (2022). Sejarah Dan Filosofi Reog Ponorogo Versi Bantarangin. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 72-79.

Insani, A. (2022). Pengembangan E-book Interaktif Bimbingan Karir Sebagai Informasi Studi Lanjut Bagi Siswa SMA Di Kabupaten Sinjai. Jurnal & LOA-Ainun Insan, 1-21.

Jelita, A., & Putra, E. D. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 429-442.

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58-67.

Kartikasari, M., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif “Tekat Baja” untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5052-5062.

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-Book Interaktif. JKTP, 1 (1), 71–76.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928-3939.

Nafiah, T. M. (2019). Komunikasi Budaya Kesenian Tari Keling Guno Joyo di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 148-161.

Pujiati, D. (2017). Kontruksi Sosial Tradisi Lamaran Ndudut Mantu Pada Masyarakat Desa Centini Lamongan. Skripsi, Universitas Airlangga.

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32.

Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572-1582.

Sasminto, R. A., & Tunggul, A. (2014). Analisis spasial penentuan iklim menurut klasifikasi Schmidt-Ferguson dan Oldeman di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 1(1), 51-56.

Siahaan, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 649–651.

Simamora, Y. A., & Sibarani, R. (2022). Tradisi Permainan Rakyat pada Etnik Batak Toba: Kajian Kearifan Lokal. Journal of Language Development and Linguistics, 1(2), 71-86.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Wahyuni, H. T. , S. P. , & K. D. (2017). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136

Winarno, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian. Malang : Universitas Negeri Malang.

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flip book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67-76.

Yurisma, D. Y., & Bahruddin, M. (2020). Meaning of the Ponorogo Reog Symbol in the Java Tradition: A Critical Study. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 101-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.