Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Pada Siswa SDN 03 Nambangan Kidul

Bagas Setyo Wibowo, Fida Chasanatun, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kedisiplinan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SDN 03 Nambangan Kidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelatih dan seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT mampu meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Hal tersebut dibukti dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I rata – rata kedisiplinan siswa mencapai presentase sebesar 79% pada siklus II rata – rata kedisiplinan sisiwa mencapai presentase sebesar 82%. Adapun hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II mendapat presentase sebesar 4,3%.

Keywords


Pendidikan Karakter; Ekstrakurikuler; Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate

Full Text:

PDF

References


Baun, A., Pandie, R. A., Nafie, A. J., Kristen, U., & Wacana, A. (2020). TINJAUAN TENTANG TEKNIK DASAR TENDANGAN SABIT DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE ( PSHT ) RANTING PENFUI TIMUR.

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4), 43–53.

Gristyutawati, A. D., Purwono, E. P., & Widodo, A. (2012). PERSEPSI PELAJAR TERHADAP PENCAK SILAT SEBAGAI WARISAN BUDAYA BANGSA SEKOTA SEMARANG TAHUN 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(3).

Hartati, W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di Sd Negeri 7 Tanjung Raja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 216–228. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1470

Irsan, & Syamsurijal. (2020). Implementasi pendidikan karakter disiplin siswa di sekolah dasar Kota Baubau. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 10–17.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 1(2).

Riani, A., & Purwanto, A. (2018). Ekstrakurikuler Pencak Silat Membangun Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 12–18.

Sukaryono. (2017). Persaudaraan Dan Budi Luhur Sebagai Dasar Ajaran Batin Setia Hati Terate (Madiun).

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Syharial, M. (2020). Jago Beladiri (A. Ami (ed.); 1st ed.).

Yusuf, M., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437


Refbacks

  • There are currently no refbacks.