Efektivitas Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Kognitif Pembelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar

Alfina Dwi Damayanti, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar belum maksimal dikarenakan guru belum menggunkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa maupun materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi media Scrapbook dalam memberdayakan kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan analisis penggunaan media Scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa sekolah dasar. Selain itu siswa juga mempunyai pengalaman yang berbeda dalam proses pembelajaran menggunakan media. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan mudah melalui penggunaan media pembelajaran.

Keywords


Kemampuan Kognitif; Media Pembelajaran; Matematika

Full Text:

PDF

References


Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24809

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Univertas Diponegoro.

Gulo, F., Harefa, A. O., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Mandrehe. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 625–636.

Hadi, F. R. (2021). Penggunaan Media Lego Bricks Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 73–82.

Lusiana, R. (2017). Profil Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Kecerdasan Matematika Logis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 100.

Muktadir, A., Wardhani, P. A., & Arif, A. (2020). Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 146–156.

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–6.

Nurlita, J., Robandi, B., & Fitriani, A. D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13.

Nurmala, B., Oktavia, M., & Aryaningrum, K. (2023). Pengembangan Media Scrapbook 3D pada Pembelajaran Tema 6 Kelas III SD Negeri 2 Mulyo Rejo. 05(04), 12636–12647.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.