Pengaruh model project based learning berbantu lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi IPAS kelas IV

Sherlivia Tiara Diar Wahyunita, Octarina Hidayatus Sholikhah, Sri Budyartati

Abstract


Model pembelajaran project based learning melibatkan siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran, dapat belajar secara mandiri, dapat memecahkan masalah, dan dapat menghasilkan suatu karya nyata. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model PjBL berbantu LKPD terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi IPAS Kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian quasi-eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 01 Winongo. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan pemberian tes post-test dan nilai pre-test diambil dari nilai harian siswa pada materi siklus air. Proses analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, keseimbangan, dan uji hipotesis. Analisis data pada uji hipotesis menggunakan independent t-test menunjukkan jika model PjBL berbantu LKPD memiliki pengaruh terhadap kemampuan psikomotorik siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS, jika dibandingkan dengan model diskusi. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji hipotesis dimana sig.2-tailed sebesar 0,047 < 0,05. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berbantu  LKPD memberikan  pengaruh terhadap kemampuan psikomotorik  peserta didik kelas IV.


Keywords


Model pembelajaran PjBL, LKPD, Psikomotorik, IPAS

Full Text:

PDF

References


Astutik, P., Kirana, T., & Widodo, W. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis contextual teaching and learning (ctl) untuk mereduksi miskonsepsi pelajaran ipa di sd.

Andrianto, S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2522–2526. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1224

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 48–58. https://doi.org/10.17977/um017v20i12015p048

Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427

Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Prambanan. 1–18. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15846

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192.

Juwanti, A. E., Salsabila, U. H., Putri, C. J., Nurany, A. L. D., & Cholifah, F. N. (2020).

Kemdikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Guru Kemendikbud. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/

Lesmana, C. &, & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, Dan Respon Mahasiswa. jjurnal Pendidikan Informatika dan sains, 06(Juni), 1–19.

Paramita, P., Erni, & Izzatika, A. (2019). Penerapan lkpd ipa berbasis project based learning terhadap hasil belajar peserta didik. FKIP Universitas Lampung, 5(1), 1–13.

Patimapat, M., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 09–20. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.366

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Rahmawati, A., & Yonata, B. (2019). Development of LKPD Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) to Train Science Process Skills in Equilibrium Chemistry. Unesa Journal of ChemicalEducation, 8(2), 15–22. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/28442

Setiawan, R. R., Suwondo, S., & Syafii, W. (2021). Implementation of Project Based Learning Student Worksheets to Improve Students’ Science Process Skills on Environmental Pollution in High Schools. Journal of Educational Sciences, 5(1), 130. https://doi.org/10.31258/jes.5.1.p.130-140

Umami, L. F., Nugroho, K., & Zubedi, D. (2021). Projek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (PROJEK IPAS).

Utami, P. A., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3863–3876.

Widya, W., Saptaningrum, E., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(3), 271–276. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/14599%0Ahttps://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/viewFile/14599/11954


Refbacks

  • There are currently no refbacks.