Efektivitas model pembelajaran make a match berbantuan media dapintar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan kerjasama siswa kelas IV SD

Fica Silvi Maystina, Sardulo Gembong, Diyan Marlina

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif model pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Dapintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Kerjasama . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode tes dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peimbeilajaran yang meingguinakan modeil peimbeilajaran Makei a Match.leibih baik dibandingkan peimbeilajaran tanpa modeil peimbeilajaran Makei a Match teirhadap hasil beilajar Mateimatika siswa.; 2) teirdapat peirbeidaan hasil beilajar Mateimatika antara siswa yang meimiliki Keirjasama tinggi, seidang, dan reindah; 3) teirdapat peirbeidaan antara siswa yang diajar meingguinakan modeil peimbeilajaran Makei a Match  keirjasama tinggi dan tanpa modeil peimbeilajaran Makei a Match keirjasama tinggi teirhadap hasil beilajar Mateimatika; 4) teirdapat peirbeidaan antara siswa yang diajar meingguinakan modeil peimbeilajaran Makei a Match keirjasama seidang dan tanpa modeil peimbeilajaran Makei a Match keirjasama seidang teirhadap hasil beilajar Mateimatika; 5) teirdapat peirbeidaan antara siswa yang diajar meingguinakan modeil peimbeilajaran Makei a Match keirjasama reindah dan tanpa modeil peimbeilajaran Makei a Match keirjasama reindah teirhadap hasil beilajar Mateimatika.


Keywords


Make a match, media dapintar, kemampuan kerjasama, hasil belajar

References


Amrudin. Eksplorasi Konsep Fisika Pada Permainan Lempar Bola Secara Vertikaldengan Bantuan Aplikasi Tracker. Jurnal Pendidikan.2022

Anggraini,P.2018.Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. Jurnal mahasiswa, 1(1):3

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakara: BumiAksara.

Armayanti,Ni Komang Ayu. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Berbantuan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Berbicara Pada Siswa Kelas I Semester I Sd Negeri 5 Tianyar Tahun Pelajaran.” Jurnal Santiaji.2019

Awaludin, Aulia Ar Rakhman. Astri Setyawati. “PENGEMBANGAN BAHAN Ajar Berbantuan Software Mapel Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa.” . Jurnal THEOREMS. 2020

Azizah, Nur.,Ponoharjo., &PurwoSusongko. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Lembar Kerja Kegiatan Peserta DidikT erhadap Pestasi dan Motivasi Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(2),

Dasep,Bayu. “Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa”. Jurnal ilmu pendidikan.2021

Dedy,Kurniawan. “Kajian Pustaka Tentang Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Video Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik’. Jurnal Pendidikan.2022

Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta

Fauzi Mahfud. Peningkatan Kerjasam dan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar. 2017

Hamdani. 2010. StrategiBelajarMengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdani. 2011. StrategiBelajarMengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Iis,Prasetyo. 2011” Teknik Analisis Data Dalam Research And Development”.

Linda Rosa. “Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/Mts”.Jurnal Pendidikan Sains.2021

Mukrimatin, N.A., Murtono, &Savitri, W., (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MatematikaVol.1 No.1 April 2018 p-ISSN: 2615-4196 e-ISSN: 2615-4072.

Nana Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Nana Sudjana. 2017. PenilaianHasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurjannah.Khatimah. “Pengembangan Bahan Ajar Perbandingan Terintegrasi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di Sma Negeri 5 Kediri”. Jurnal Pendidikan. 2015

Rahul Dkk. “Eksplorasi Faktor-Faktor Pendukung Motivasi”. Jurnal Pendidikan.2012

Rukmara. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan KerjaSama Siswa.” Jurnal Pendidikan Guru SekolahDasar, Volume. 3, No. 2.2010

Seasfaot, Ludmila, YusakI.Biendan AlfonsaM.abi. “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match UntukMeningkatkanMotivasiBelajar Dan PrestasiBelajarMatematikaSiswa.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika04, No 02 (Juni 2020): 456.https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.236.

Setya,Wahyuningsih. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya”. Jurnal Siliwangi.2017

Silvy Dwi, Yulianti. Ery Tri Djatmika. Anang Santoso. “Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013”. Jurnal JTP2. 2017

Slamito. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT RinekaCipta.

Sugiono. 2016. Statistika Untuk Peneltitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 TentangSindiknas. 2007. Jakarta: Departemen Agama RI.

Widodo, Suryo. “Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di SMA negeri 5 kediri. Jurnal Math Educator Nusantara. 1 (2): 131-143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.