Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantukan media diorama pada tema konsep siklus daur air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kartika 3

Yohar Mahendra Putra, Eni Winarsih, Anik Tri Mulyani

Abstract


Penerapan model pembelajaran problem based learning merupakan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran IPA pada konsep siklus daur air. Pembelajaran siklus daur air dapat diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan berbantukan media diorama. Berdasarkan observasi di SDN Katikan 3 pembelajaran dikelas V ternyata guru belum menguasai penerapan model problem based learning dan media pembelajaran khususnya pada konsep siklus daur air, hal ini berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan penerapan model problem based learning berbantukan media diorama siklus air. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian merupakan siswa kelas V SDN Katikan 3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan soal tes (evaluasi). Prosedur Penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus Kurt Lewin, dimana dalam kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Penelitian dapat dikatakan tuntas apabila siswa dapat mencapai skor KKM 75 pada soal tes (evaluasi). Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa kelas V pada materi konsep siklus daur air mampu meningkatkan hasil awal prasiklus hingga sampai tahapan siklus I dan kegiatan siklus

Keywords


Problem Based Learning, Media Diorama, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anita Seftriana, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 21.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learningterhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2097–2107.

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. Pedagogia, 16(1), 10. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Putri Ramadhani, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 148–153.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465.

Romadhoni, K., Hasanah, K., & Adi, P. (2023). 3 1,2.3. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 3790–3803. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8413

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sumiyati, Y., Sujana, A., & Djuanda, D. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Proses Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 41–50.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (1st ed., p. 290 hlm). Bumi Aksara.

Yanti, Y. E., & Huda, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DASI (DIORAMA SIKLUS AIR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD. Primary Education Journal (Pej), 3(1), 66–74.

Yuniarsih, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53857

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174–182. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.