Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Flash Card Terhadap Cara Berpikir Kritis Siswa

Nur Huda, Candra Dewi, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantuan media Flash card terhadap cara berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif,menggunakan strategi rancangan eksperimen semu random sampling subjek penelitian ini adalah 17 siswa kelas V si salah satu SDN Kecamatan Ngebel. Hasil penelitian dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung= 6,346 dan ttabel = 1,694 dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% yakni nilai thitung= 6,346 dan ttabel = 1,694 sehingga  ditolak dan diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran take and give berbantuan media flash card terhadap cara berpikir kritis siswa kelas V SD.


Keywords


Take and Give; Flash Card; Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Adeline, D. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Skripri.

Agustina. (2017). Model Pembelajaran Take and Give Berbasis kebudayaan Lokal TerhadapHasil Belajar PPKn Kelas V. MIMBAR PGSD Ejournal Undiksha.

Dewi. (2014). Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar PPKN.

Hardika, S. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Juliarta, I. W. A., Putra, M., & Oka Negara, I. G. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ppkn. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 166. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27361

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301

Lisa Silvia, S. B. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu.

Mukhlisotin, F. A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis ( Critical Thinking Skill ) dari Sudut Pandang Filsafat. 5(2), 87–94.

Shilphy A. Oktavia. (2020). Model - model pembelajaran. Cv. Budi Utama.

Susilana, R., & Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Buku.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “ Kegiatanku .” 4(1), 9–16.

Wijayanti, D. N. (2013). upaya meningkatkan minat belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran take and give berbantuan media flash card. Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.