Penerapan Model Picture and Picture dengan Media Audiovisual pada Tema Teknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Widodaren 1

Sena Nuel Ghilben, Eni Winarsih, Sriyati Sriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Picture and Picture berbantu media audio visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan model pembelajaran Picture and Picture berbantu media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai pada tahap perencanaan , pelaksanaan , pengamatan dan refleksi. Subjek pengamatan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 sekolah dasar sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk hasil belajar menggunakan post test dan kemampuan berhitung menggunakan lembar observasi. Jenis tindakan atau tahapan yang digunakan adalah pra siklus, siklus 1, siklus 2. Hasil penelitian yakni hasil belajar siswa siswa pada siklus 1 ketuntasan sebesar 57% kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81%. Siswa yang belum tuntas pada siklus 1 sebesar 43% dan pada siklus 2 menurun menjadi 19%.

Keywords


media audiovisual, teknologi pangan, hasil belajar, Model Picture and Picture

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, M. A. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (Scl).

Dahlia, R. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan. 1-6.

Dahlia, R. Lestari, E. M. Brahmana, R. G. Hatika, And S. Hariyanti,. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan, 1-6.

Dahnial.I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup (Plh) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. 81-90.

E. Kurniawan, M. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. 27-38.

Ekayani, N. L. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Siswa,” Pentingnya Pengguna. Media Pembelajaran Untuk Meningkat. Prestasi Belajar Siswa. 1-16.

H. M. Afifah, I. &. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Di Kelas Viii SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM. 149-200.

Khaeruman. (2016). Improving The Activity Of Students Through The Implementation Of The Picture And Picture Assisted Media Visual Audio Media In Sdn Citembong 01 Bantarsari. 1-23.

Meilidar, M. (2022). Integrasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Materi Tematik. 1082-1099.

NI Made Dwi Handayani, N. N. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Trehadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal Of Education Technology, 176-182.

Saputra, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MIN 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. 1-69.

Trisnadewi, K. A. (2014). Enerapanpembelajaran Inkuiri Berbantu Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No.3 Tibubeneng Kuta Utara.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Rohmanurmeta, F. M. R., Harsanti, A. G., & Widyaningrum, H. K. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 10-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.