Efektivitas Media Educandy Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Siswa SD

Jayendra Evaningtyas, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Tujuan peneliti untuk tahu ada keefektivan antara penggunaan media Educandy berbasis digital dengan media PowerPoint terhadap kemampuan numerasi pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Jenis riset adalah kuantitatif dengan desain Quasy Eksperimental yakni pretest dan posttest. Populasi pada riset ini yaitu seluruh siswa kelas IV A, IV B dan IV C SDN 01 dan 02 Mojorejo Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel yakni Porbability Sampling. Sampel pada penelitian ini dipilih 56 siswa kelas IV A SDN 02 Mojorejo Kota Madiun yang terdiri dari 28 siswa kelas IV SDN 02 Mojorejo sebagai kelas eksperimen, 28 siswa kelas IV B SDN 02 Mojorejo Kota Madiun sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini menggunakan test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil mean pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 54.64, 77.50 dan mean pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 53.93, 68.39 maka terdapat perbedaan hasil tes siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian, nilai sig. (2-tailed) hasil uji t menggunakan paired sample t-test 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil keputusan uji hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa “Terdapat perbedaan efektivitas antara media Educandy berbasis digital dengan media PowerPoint terhadap kemampuan numerasi pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 02 Mojorejo Kota Madiun”.


Keywords


Media Educandy Berbasis Digital, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Numerasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 2(1), 1–7. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Andrian, M., Risa, N. F., & Rahmattullah, M. (2022). Penerapan Media Aplikasi Berbasis Web Educandy Sebagai Tes Pembelajaran Prakarya Di Era Digital. Seminar Nasional (PROSPEK I), 1(1), 81–85. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1729%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/download/1729/1272

Arafat, Y., & Fitriani, Y. (2020). Penggunaan Media Power Point Dalam. 13(1), 75–87.

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341

Moh. Zaiful Rosyid, Halimatus Sa’diyah, N. S. (2020). Ragam Media Pembelajaran.

Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Susilawati, W. (2020). Belajar dan Pembelajaran Matematika.

Widiastuti, R., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2082–2089. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1161

Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090


Refbacks

  • There are currently no refbacks.