Pengembangan Media E-Comic Berbasis Proyek Pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV

Novita Maharani, Sri Lestari, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-comic berbasis proyek penguatan nilai profil pelajar pancasila siswa kelas IV sekolah dasar, serta menguji kelayakan dan tingkat kepraktisan media e-comic berbasis proyek nilai-nilai yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar tercermin dalam profil pelajar Pancasila kelas IV. Model ADDIE (analize, design, development, implementation, and evaluation) digunakan dalam proses penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV sekolah dasar di kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media yang dikembangkan berupa media e-comic berbasis proyek tentang peningkatan nilai profil pelajar pancasila untuk siswa kelas IV dengan menggunakan model ADDIE, 2) Media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase 96% berdasarkan penilaian validator, 3) media e-comic yang dikembangkan untuk siswa mendapatkan respon positif dan memenuhi kriteria sangat baik dengan presentase 90%, dan hasil respon guru mendapatkan respon baik serta memenuhi kriteria sangat valid sebesar 94% sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Pengembangan Media E-Comic; Profil Pelajar Pancasila; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtpk.v6n1.p1--12

Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D., & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 107. https://doi.org/10.20527/ kewarganegaraan.v12i2.15281

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Lestari, P., Sunarto, S., & Cahyono, H. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima Dalam Pembelajaran. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 130–144. https://doi.org/10.31571/sosial. v7i2.1880

Mahyuddin, N., & Isratati, Y. (2023). E-Comic Sosial Budaya Berbasis Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Pengembangan Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. 7(3), 3395–3406. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4594

Mudopar, M., Rahayu, I., & Marwati, T. (2022). Desain Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 94. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6478

Puspita, A. M. I., & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 915–922. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2907

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036–2044. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1032

Rahmata, A., Tuljannah, L., Chotimah, S. C., & Fiangga, S. (2020). Validitas E-Comic Matematika Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.53-65

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.

Setiawan, D. A., Wahjoedi, & Towaf, S. M. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1133–1141. http://journal.um.ac.id/ index.php/jptpp/

Suparyanto dan Rosad. (2020). Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Yuliarmi, N. N. (2019). Cv. Sastra Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.