Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Magetan Sebagai Penunjang Aktivitas Literasi dan Numerasi bagi Siswa Sekolah Dasar

Wahyu Kusuma, Fida Rahmantika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


: Kemampuan literasi numerasi siswa masih dikategorikan sangat rendah hal ini terjadi karena kurangnya bahan ajar yang mampu menunjang peningkatan kemampuan tersebut. Salah satu bahan ajar yang mampu menunjang peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa adalah penggunaan modul literasi dan numerasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul literasi numerasi berbasis kearifan lokal Magetan berbantuan QR Code berdasarkan penilaian para ahli atau pakar dan mengetahui tingkat kepraktisan pengembangan modul literasi numerasi berbasis kearifan lokal Magetan berbantuan QR Code jika diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengadopsi pendekatan model ADDIE. Partisipan dalam penelitian ini adalah 25 siswa yang berada di kelas V di SDN Ngegong. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa (1) modul yang telah dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dengan rata-rata sebesar 3,9 dengan skala Likeart berdasarkan penilaian dari tiga validator yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa; (2) Siswa menunjukkan respon positif terhadap modul yang dikembangkan dengan tingkat penerimaan sebesar 97%, yang menandakan bahwa modul tersebut memenuhi kriteria sangat baik dalam konteks pembelajaran. Sementara itu, respon guru terhadap modul juga sangat positif dengan tingkat penerimaan sebesar 100%, yang menegaskan bahwa modul ini efektif dan sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Pengembangan Modul; Literasi Numerasi; Kearifan Lokal Magetan; QR Code

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Akbar, S. (2013). Intrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Apriza, B. (2019). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Literasi Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran …, 216–223.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Durak, G., Ozkeskin, E. E., & Ataizi, M. (2016). QR codes in education and communication. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(2), 42–58. https://doi.org/10.17718/tojde.89156

Fatihasari, K. A., & Hakim, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Layanan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Scientific Approach dengan Integrasi Teknologi QR Code. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p125-134

Fitriani, M. D. (2017). Pembelajaran Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 6, 770–780.

Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 401–409.

Harsiati, T. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2017). Karakteristik Tes Literasi Membaca Pada Programme for International Student Asessment (Pisa). BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.17977/ um008v1i22017p001

Lestari, D. A., & Suningsih, T. (2022). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya Persepsi Orang Tua Tentang Literasi Baca Tulis Anak Usia ( 5-8 ) Tahun DiKelurahan Srijaya Palembang. 9, 191–204.

Literacy, E. D. (2018). Pancasakti Science Education Journal. 3(1), 109–114.

Muldiyana, M., Ibrahim, N., & Muslim, S. (2018). Pengembangan Modul Cetak Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Watampone. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 43–59. https://doi.org/10.21009/ jtp.v20i1.7845

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva PRESS.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Rikala, J., & Kankaanranta, M. (2012). The use of Quick Response codes in the classroom. CEUR Workshop Proceedings, 955(March 2019), 148–155.

Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNIKAL, 2(1), 167–174. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/556

Salma, D. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Berbantu Qr Code Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas Xii Smk. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20213

Shin, D. H., Jung, J., & Chang, B. H. (2012). The psychology behind QR codes: User experience perspective. Computers in Human Behavior, 28(4), 1417–1426. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2012.03.004

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammad Sholeh. 4(I), 138–150.

Sibarani, R. (2015). Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisi Lisan. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 1. https://doi.org/10.22225/jr.v1i1.9

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Afabeta.

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/ 3050

Tiwari, S. (2017). An introduction to QR code technology. Proceedings - 2016 15th International Conference on Information Technology, ICIT 2016, December 2016, 39–44. https://doi.org/10.1109/ICIT.2016.38

Ulfah Fajarini. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225

Vawanda, J., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(7), 124–130. http://ejournal.unp.ac.id/students/ index.php/pgsd

Yaumi, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar English for Specific Purpose Berbasis Tik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(2), 144–160. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n2a2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.